Evolusi Mikroorganisme Ratusan Juta Tahun Lalu

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 09 Maret 2014 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 09 56 952327 K9ziCvUqMg.jpg (Foto: Sercblog.si.edu

LONDON - Peneliti dari University of Bristol mengungkap studi data gen dari cyanobacteria. Penelitian ini menemukan evolusi kehidupan yang kompleks di Bumi.

Dilansir Astrobio, Minggu (9/3/2014), peneliti menemukan kehidupan multiseluler hingga akhir periode Precambrian sekira 541 juta tahun lalu. Ketika itu, Bumi memiliki oksigen yang lebih melimpah.

Studi baru ini juga berusaha mencari tahu apa yang terjadi pada nitrogen ratusan juta tahun lalu. Patricia Sanchez-Baracaldo dari University of Bristol menggunakan data gen untuk merekonstruksi hubungan antara makhluk mikroorganisme ini dengan kehidupan laut masa lampau.

Cyanobacteria diketahui berfotosintesis di laut terbuka dan menyediakan oksigen dalam jumlah besar untuk mendukung pengembangan kehidupan kompleks di Bumi. Ditemukan, beberapa cyanobacteria yang mampu mengubah nitrogen atmosfer menjadi nitrogen yang mendukung ekosistem laut.

Menggunakan teknik molekuler, tim mampu mengetahui kapan spesies mikroorganisme ini pertama kali muncul dalam catatan geologi, sekira 800 juta tahun lalu. "Kami tahu bahwa fotosintesis oksigenik, proses di mana mikroba memperbaiki karbon dioksida ke dalam karbohidrat, memisahkan air dan merilis oksiges," jelas Sanchez.

Ia mengatakan, cyanobacteria telah menjelajah lautan luas sekira dua pertiga dari planet Bumi. "Studi kami menunjukkan bahwa ini mungkin memperbaiki 'penyuburan' nitrogen di laut pada saat itu yang memainkan peran penting dalam momen kunci dalam evolusi kehidupan di Bumi," terangnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini