Lapan Luncurkan Roket R-Han

Amril Amarullah, Jurnalis · Sabtu 15 Maret 2014 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 15 56 955511 DiT85PsStu.jpg roket Lapan (foto: Okezone)

JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), meluncurkan roket terbarunya, R-Han di Garut, Jawa Barat, belum lama ini.

Dalam keterangan yang dikutip dari situs resmi lapan.go.id, Kepala Bagian Humas Lapan Jasyanto mengatakan, uji terbang roket dilakukan, Kamis 14 Maret dari Landasan Udara TNI AU, Cikelet, Garut, Jawa Barat.

“Ini sebagai bentuk kontribusi dari berbagai institusi, seperti Kemenristek, Mabes TNI (tiga angkatan), Kementerian Perindustrian, BPPT, LIPI, Batan, Kementerian Pendidikan, PT. PAL, Kepolisian RI, dan bahkan sejumlah universitas,” jelas Jasyanto.

Seperti diketahui bahwa roket R-Han 122 berfungsi sebagai senjata berdaya ledak optimal dengan sasaran darat dan jarak tembak sampai 15 kilometer.

Untuk roket pertahanan ini, pengembangannya diambil dari roket RX-320 dan RX-450. R-Han tersebut akan dipenuhi oleh RX-320 untuk jangkauan 70 km dan RX-450 untuk jangkauan 100 km.

Seperti diketahui, salah satu bahan untuk membuat roket menggunakan bahan baku propelan sebagai bahan pendorong. Akan tetapi, Indonesia masih memiliki keterbatasan dan masih mengandalkan impor asing.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini