Share

Akuisisi XL-Axis Dongkrak Pertumbuhan Pelanggan

Rohmat, Jurnalis · Rabu 23 April 2014 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 23 54 974348 XCwD7fA9oQ.jpg ilustrasi

DENPASAR - Bergabungnya operator besar XL dengan Axis diyakini dapat mendongkrak pertumbuhan pelanggan di Bali karena segmen masing-masing dapat saling melengkapi dan memperkuat pasar mereka.

"Kami optimis pertumbuhan pelanggan di Bali cukup bagus pascamerger, meskipun tidak mudah menyatukan perusahaan yang memiliki segmen sendiri," ujar Regional Sales Manager Greater Denpasar Deri Puspita Yani di sela program anak cinta bumi di Denpasar, Selasa (22/4/2014).

Dikatakan Deri, sejak bergabungnya XL dan AXis, yang sudah diikuti proses integrasi keduanya, sejauh ini tidak ditemukan adanya kendala.

Tidak hanya dari sistem jaringan yang sudah terintegrasi namun juga sistem pelayanan lainnya kini sudah dalam satu atap dan bersama-sama.

Pelanggan yang ingin belanja Axis juga bisa melakukan pembelian di layanan yang tersedia di XL. Berbelanja XL dan Axis sama-sama bisa dilayani di manapun, demikian juga distribusinya sudah menjadi satu.

Untuk dukungan jaringan pelayanan, sambung Deri, akan dilakukan secara bertahap  baik dari proses servis atau pelayanan maupun sistem jaringan yang ada.

Saat ini, tahapan penguatan jaringan atau network XL dan Axis di Bali sudah berada satu jaringan induk.

Penambahan BTS, akan disesuaikan dengan penambahan kapasitas dan pertumbuhan distribusi masyarakatnya. Nantinya, daerah-daerah cukup padat dan akan dilakukan penambahan termasuk database areanya.

Deri mengatakan, baik XL dan Axis memiliki segmen pasar berbeda misalnya, untuk Axis lebih kuat pada tarif murah dengan segmen yang kuat pelajar dan masyarakat perkotaan. Demikian juga dengan XL yang memiliki segmen pasar kuat di mobile data akan saling memperkuat.

Dukungan layanan XL dan Axis itu untuk pelanggan data, masih menempati posisi atas disusul layanan lainnya seperti voice dan SMS.

Saat ini total BTS 2G dan 3G yang ada disebanyak 44.946 BTS yang tersebar di Tanah Air. "Di Bali dan NTT ada sekira 2.075.200 pelanggan dengan 1.090 jumlah BTS tersebar di 9 kabupaten dan kota," imbuhnya

XL juga telah melakukan ujicoba tral kesiapan jaringan 4G LTE saa KTT Apec sejak bulan Oktober 2013 lalu dan sampai saat ini.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini