Cuaca Buruk Ini Lebih Bahaya dari Hujan Es

Ramadhan Aditya, Jurnalis · Kamis 24 April 2014 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 23 56 974698 DLayJmWHZe.jpg Ilustrasi. (foto: Okezone)

JAKARTA - Cuaca ekstrem yang terjadi akibat perubahan iklim karena peningkatan suhu Bumi tak sedikit menimbulkan berbagai bencana alam. Namun bukan hujan es yang membahayakan manusia, melainkan hujan yang disertai angin kencang dan sambaran petir.

Salah satu peneliti Meteorologi Tropis di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Trihandoko Seto, mengatakan hujan es tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena tak begitu membawa ancaman bagi manusia. Selama butiran hujan es itu tak lebih besar dari kelereng atau batu kerikil.

"Ancaman yang lebih berbahaya itu petir, sudah banyak kejadian orang yang meninggal tersambar petir," ujar Trihandoko kepada Okezone. Menurut Trihandoko, dampak perubahan iklim yang mengakibatkan cuaca ekstrem di Indonesia sebagai negara tropis adalah hujan badai.

Selain petir, lanjut Trihandoko, ancaman berbahaya lainnya dari hujan lebat adalah angin kencang. "Yang kedua itu angin kencang atau puting beliung," kata Trihandoko. Sebagai negara tropis, Indonesia mengalami dampak perubahan iklim lebih kepada curah hujan. Sedangkan negara-negara Eropa hingga Amerika cenderung terjadi pada suhu ekstrem.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini