Guru Bahasa Inggris yang Sukses Bangun Raksasa E-Commerce

Amril Amarullah, Jurnalis · Rabu 07 Mei 2014 10:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 05 07 363 981302 SkADnGB9lC.jpg Jack Ma, pemilik perusahaan E-commerce Alibaba.com (foto: reuters)

SIAPA sangka sosok dengan perawakan tidak meyakinkan, bertubuh kecil mungil, tetapi sukses membangun perusahaan hingga menjadi raksasa.

Bagaimana tidak, perusahaan yang dirintis dari nol hingga sebesar sekarang ini, sudah melantai di bursa Amerika Serikat alias go publik dengan nilai investasi USD 1 miliar.

Ya, dialah Jack Ma, pendiri perusahaan E-Commerce terbesar di China Alibaba.com ini, mampu mengalahkan invasi eBay yang notabene-nya adalah perusahaan raksasa dari Amerika Serikat.

Ditangan pria asli Tiongkok ini, Alibaba.com, yang merupakan perusahaan  layanan e-commerce yang berfokus pada B2B e-commerce untuk menghubungkan berbagai jenis usaha kecil dan menengah, sekarang ini berkembang pesat hingga ke luar China.

Jadi sekarang ini, Jack Ma adalah pemilik perusahaan internet yang sukses membangun perusahaan e-commerce hingga ke pelosok dunia. Padahal, bila melirik latar belakangnya, Jack Ma hanyalah seorang guru bahasa Inggris yang jarang sekali bersentuhan dengan komputer.

Tetapi, berkat keuletan dan kegigihannya, Alibaba.com yang pertama kali dibangun pada 1999 awalnya hanya memiliki 18 karyawan yang ditempatkan pada sebuah apartemen miliknya yang tidak terlalu mewah. Dan bahkan sebelum membangun Alibaba, pada 1995, Jack Ma justru membangun perusahaan China Pages, perusahaan berbasis internet pertama di China.

Tetapi lihat sekarang, karyawannya sudah mencapai 24.000 orang lebih, dan siap melayani jutaan orang pengguna jasa bisnis di seluruh dunia.

Alibaba mengalami mencapai puncak kesuksesan pada 2005. Pada waktu itu, di bawah asuhan Jack Ma, Alibaba memberanikan diri menjalin mitra dengan perusahaan internet lainnya, yakni Yahoo!, hingga akhirnya Yahoo tertarik membeli 40 persen saham Alibaba.com, sedangkan Jack Ma mengambil alih operasi Yahoo di China.

Itulah cikal bakal terbentuknya Alibaba Group, yang tidak hanya memiliki satu perusahaan, bahkan melahirkan Taobao.com merupakan perusahaan search engine Yahoo China, perusahaan pembayaran online, Alipay dan bisnis perangkat lunak, Alisoft.

Jack Ma yang merupakan guru bahasa Inggris mengaku bukanlah orang yang memiliki pendidikan khusus di bidang itu. Justru, Jack Ma melatih kemampuan berbahasa Inggrisnya dengan cara otodidak, dengan menjadi pemandu wisata asing. Ia rela menginap dan menghampiri dari satu hotel ke hotel lain untuk bisa bertemu dengan wisatawan asing.

Sekarang ini, berkat kerja keras dan mau berpikir di luar kotak untuk yang membuat Jack mampu memenankan persaingan. Kebanggannya sebagai orang China tulen, tidak pernah lepas dari kebiasaanya menulis novel sejarah persilatan China kuno dan juga mempelajari ilmu bela diri asli Tiongkok. (dari berbagai sumber)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini