Event 'Blogger Day', AMD Beri Edukasi Teknologi Prosesor

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 04 Juli 2014 10:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 07 04 324 1008044 By0GbHpk2I.jpg Victor Herlianto, Business Development Manager AMD Indonesia (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

JAKARTA - AMD mendorong para pengguna atau gamer PC di Indonesia yang ingin meng-upgrade PC mereka untuk menggunakan prosesor AMD terbaru, Kaveri.

Untuk lebih mengenalkan produk ini kepada komunitas blogger atau anak muda, raksasa prosesor ini menggelar AMD Blogger Day di Jakarta pada Kamis, (4/7/2014).

Beberapa blogger dan penggemar AMD berasal dari berbagai kota seperti Bandung, Jakarta, Depok, Surabaya, serta Bojonegoro. Total peserta blogger yang hadir mencapai jumlah 30 orang.

Event AMD Blogger Day ini memberikan edukasi kepada para blogger Indonesia mengenai teknologi prosesor APU AMD. Selain itu, perusahaan juga mengumumkan fitur-fitur andalan dari teknologi prosesor AMD terbaru dan seri kartu grafis Radeon R7 dan R9.

Dalam kesempatan ini, AMD juga mengumumkan inovasi teknologi terbarunya seperti HSA, Mantle, dan lain-lain. Menurut AMD, event ini merupakan sebuah solusi yang efektif dalam memberikan pemahaman ilmu yang luas (public understanding of science) untuk masyarakat Indonesia terutama dalam bidang teknologi.

"Dari produk kita ini, prosesor kita memecahkan guiness book world record dengan clock 5Ghz. Untuk overclocking tembus 9GHz. Untuk GPU, kita pegang GPU tercepat di dunia," kata Victor Herlianto, Business Development Manager AMD Indonesia.

Ia mengatakan, konsol game generasi baru seperti Sony PlayStation 4, Microsoft Xbox One dan Nintendo Wii U memakai prosesor AMD. Tidak hanya itu, adopsi prosesor AMD juga digunakan oleh tim racing F1 serta Mac Pro, yang menjalankan dual GPU AMD Firepro.

"Sekarang, AMD mengeluarkan teroboson bahwa kita punya produk yg namanya APU. Intinya, chip ini memudahkan komunikasi, lebih ringkas, lebih hemat listrik, power lebih efisien," terangnya.

Victor lebih lanjut menjelaskan, AMD memiliki sejumlah teknologi canggih yang mendorong performa game seperti API Mantle. Mantle diklaim tiga kali lebih cepat dibandingkan pengguna yang menggunakan DirectX 12.

Selain itu, ia juga menjelaskan mengenai teknologi AMD Heteregenous System Architecture (HSA). HSA adalah salah satu wujud dari teknologi komputer menggunakan graphics processing unit (GPU) yang mana dikhususkan untuk komputasi grafis secara paralel.

Melalui AMD HSA, kemampuan dari CPU dan GPU dapat digabungkan hingga menghasilkan performa yang lebih cepat dengan hanya mengkonsumsi energi lebih sedikit.

AMD mengklaim, dengan teknologi prosesor terbarunya ini bisa meningkatkan kecepatan hingga 2,5 kali lebih cepat dan mengurangi energi 2,5 kali lebih sedikit. Selain itu HSA juga dapat meningkatkan akselerasi program dan aplikasi untuk bekerja lebih cepat. 

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini