Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asus Zenfone 5, Si Pendatang Baru yang Gahar

Advent Jose, Jurnalis · Rabu 09 Juli 2014 18:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 07 09 207 1010670 tjpd81RYJn.jpg Smartphone Asus Zenfone 5 (Foto : Advent Jose/Okezone)

GELIAT pasar smartphone yang makin ketat, membuat sejumlah produsen telefon pintar bermanuver agar tetap eksis. Mulai dari memberikan layanan terbaik, fitur-fitur canggih yang berbeda dari kebanyakan, hingga pertarungan dari segi keterjangkauan harga produk tersebut.

Asus hadir sebagai vendor global yang awalnya dikenal penyedia hardware komputer, kini mulai merambah pada teknologi smartphone. Beberapa handset pintarnya yang telah memasuki pasaran yakni, Asus Zenfone 4, Zenfone 5, maupun Zenfone 6, cukup diminati masyarakat karena fitur menarik serta harga murah yang menjadi magnetnya.

Kali ini, Okezone berkesempatan untuk mengulas smartphone terbaru besutan perusahaan asal Taiwan itu yakni Asus Zenfone 5. Dengan banderol sekira Rp2,5 jutaan, produk ini cukup dinanti karena menawarkan sejumlah keunggulan menarik dengan harga yang terjangkau bagi kantong sebagian besar orang Indonesia.

Kemasan Zenfone 5

Asus membundel Zenfone 5 dengan cukup apik melalui dus kemasannya.  Kotak persegi panjang  berukuran kurang lebih 16 x  8,5cm, berwarna putih lengkap dengan logo Zenfone 5 di sisi kanan dan bagian atas kotak.

Ketika membuka bagian dalamnya, sebuah smartphone berwarna putih menyembul dengan logo Asus dibagian tengah. Dalam dus kemasan terdapat buku panduan lengkap dengan charger berwarna hitam.  Namun sayangnya, Zenfone tidak dilengkapi dengan headset bawaan.

Desain Handset

Zenfone 5 memiliki material plastik finishing matte yang halus dan solid serta dilengkapi dengan teknologi layar Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya aman dari goresan.

Smartphone ini juga didesain cukup tipis dan ringan. Kemudian lengkungan yang agak menonjol di bagian belakang, semakin membuat handset ini terasa nyaman dalam genggaman.

Handset ini juga memiliki konsep unibody sehingga pengguna tidak mudah untuk melepaskan baterai di dalamnya. Zenfone 5 memiliki ketersediaan dual SIM card GSM (micro SIM card) serta kapasitas eksternal memory menggunakan microSD hingga 64 GB.

Software & UI (User Inteface)

Asus Zenfone 5 hadir dengan sistem operasi Andoid 4.3 JellyBean, tapi kedepan Asus menjanjikan update Android 4.4.2 KitKat. Smartphone ini memiliki User Interface (antarmuka) sendiri yang dikembangkan oleh Asus bernama Zen.

Hal ini membuat handset tampak unik dan berbeda mulai dari Lockscreen, Homescreen, dan Widget serta Menu dan Setting. Selain itu Zenfone 5 juga memiliki fitur easy mode. Mode UI (User Interface) ini membuat pengoperasian smartphone menjadi lebih simple.

Easy mode membuat tampilan zenfone tampak lebih sederhana, ada sembilan kotak berbentuk ubin diantaranya Messaging, Clock, Camera, Calender, Contact, Phone, Calculator, Gallery, dan Setting.

Di bagian bawah terdapat pilihan More Apps yang ketika di ketuk mengubah kembali tampilan aplikasi menjadi berbaris ke bawah. Selain itu terdapat juga fitur reading mode yang mampu membuat mata lebih nyaman saat digunakan untuk membaca dalam waktu lama dengan smartphone ini.  

Performa

Untuk menilai kemampuan performa perangkat digunakan aplikasi benchmark untuk Android yang banyak tersedia di Google. Kami menggunakan aplikasi bernama AnTuTu Benchmark. Hasil pada pengujian bisa dilihat berdasarkan gambar di bawah ini.