Minim Listrik, Panasonic Sediakan Power Supply Container ke Karimunjawa

Restika Ayu Prasasty, Jurnalis · Jum'at 18 Juli 2014 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 18 324 1014504 py1NLxXG9U.jpg Panasonic bekerjasama dengan sejumlah lembaga terkait memberikan bantuan suplay listrik (foto: Restika/Okezone)

KARIMUNJAWA - PT Panasonic Gobel Indonesia bekerjasama dengan Kedutaan Jepang, bersama Koperaso Pundih Artah dan Lembaga Swadaya Masyarakat IBEKA menggelar kegiatan kemanusiaan dengan memberikan bantuan suplay listrik keSekolah Dasar Negeri Karimunjawa 01.

Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kualitas pendidikan di pulau yang berada di utara Jawa Tengah ini, dengan mengibahkan tenaga surya (photovoltaic).

Suuji Okayama, Managing Officer Director Divisi Bisnis Sistem Energi Panasonic Corporation mengatakan, mengapa di pilih Pulau Karimunjawa, karena selain wilayahnya belum seluruhnya terpasang listrik, juga aksesnya lebih mudah dicapai.

Karimunjawa adalah salah satu daerah di mana listrik hanya tersedia pada malam hari (18.00-06.00) dengan menggunakan generator diesel, sedangkam pada siang hari (06.00-18.00) listrik mati total.

“Hal ini tentu berpengaruh pada kegiatan pendidikan, terutama jika langit gelap karena hujan turun,” ujar Suuji Okayama, Managing Officer Director Divisi Bisnis Sistem Energi Panasonic Corporation, Kamis (17/7/2014).

Jika Panasonic berlaku sebagai penyedia power supply container, maka IBEKA berperan guna mendirikan asosiasi manajemen mandiri, menyediakan pelatihan kepada masyarakat, dan pemeliharaan penghasil tenaga surya ini.

Diharapkan dengan pelatihan ini, masyarakat dapat merawat alat penghasil listrik tenaga matahari tersebut dengan baik . "Bahkan anak-anak dilibatkan, misalnya tidak melempar apapun ke atap sekolah (tempat pembangkit diletakkan), segera menghubungi guru jika pintu pembangkit terbuka," kata Susermu Iida, Manager Panasonic Corporation.

Selain melibatkan masyarakat, Panasonic juga turun tangan sendiri untuk memeriksa photovoltaic dengan mengirimkan teknisi setahun sekali.

Panasonic pun berencana untuk melebarkan proyek tenaga surya ini ke daerah lain di Indonesia. " Tentu saja ada, ini sedang dirapatkan lagi. Mungkin sebelah timur indonesia yg belum banyak mendapat listrik," ucap Susermu Iida.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini