'Power Suply Container', Penghasil Listrik Tenaga Surya Mandiri

Restika Ayu Prasasty, Jurnalis · Sabtu 19 Juli 2014 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 19 325 1015032 4fHYYuck0S.jpg 'Power Suply Container', Penghasil Listrik Tenaga Surya Mandiri (foto: Restika/Okezone)

KARIMUNJAWA – PT Panasonic  Gobel Indonesia mengembangkan Power Supply Container sebagai penghasil listrik tenaga surya mandiri. Ini jawaban Panasonic sebagai alternatif penggunaan energi fosil yang jumlahnya semakin berkurang.

Kontainer berukuran 4.780x3.452x3.486 mm ini terdiri dari 12 panel surya yang dipasang di atap, baterai penyimpanan lead- acid yang masing-masing berdaya 12V/60Ah, inverter, charger controller, dan power supply control unit yang berada di dalam kontainer.

Baterai dapat menyimpan listrik dengan kapasitas maksimal 17,2 kWh dan menghasilkan daya maksimal 3 kW. Itu adalah hasil perolehan tangkapan sinar matahari oleh panel surya selama setengah hari.

Dalam keadaan penuh, baterai lead-acid yang dapat bertahan hingga lima tahun ini mampu menyalakan 20 lampu semalaman. "Kira-kira 20 lampu, empat kipas angin, satu proyektor dan televisi," ujar Shuuji Okayama, Managing Officer Director Divisi Bisnis Sistem Energi Panasonic Co di Pulau Karimunjawa.

Power Supply Container dirancang agar membantu penyebaran listrik, khususnya tenaga surya, di pulau-pulau terpencil dan kecil di Indonesia selalu disinari oleh matahari sepanjang tahun. Diharapkan penghasil listril tenaga surya ini dapat menjadi solusi bagi daerah yang belum terjangkau oleh listrik.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini