Google Street View Resmi Hadir di Indonesia

Advent Jose, Jurnalis · Kamis 21 Agustus 2014 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 21 55 1027840 WJiuR2NB25.jpg Google Street View Resmi Meluncur di Indonesia (foto: Jose/Okezone)

JAKARTA - Google meluncurkan fitur Street View untuk Indonesia di Google Maps hari ini, Kamis (21/8/2014). Layanan tersebut berupa rangkaian gambar yang menyajikan panorama dari empat kota besar yang ada di Tanah Air.

Keempat kota besar itu adalah, Jakarta, Bogor, Denpasar, dan Surabaya. Foto-foto panoramik tersebut, yang saat ini tersedia di Google Maps dan Google View, memungkinkan orang-orang di seluruh dunia untuk menjelajahi pemandangan 360 derajat sejajar dengan jalan untuk tempat-tempat umum, di kota-kota tersebut.

"Layanan ini kami peruntukan kepada konsumen secara gratis melalui Google Maps," ucap Rudy Ramawy, Country Director, Google Indonesia saat diwawancarai di Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Rudy juga mengatakan, Street View sangat berguna untuk masyarakat karena dapat membantu apabila ingin mengunjungi tempat baru untuk pertama kalinya.

"Misal ada orang Surabaya yang belum pernah ke Jakarta. Kemudian dia kesana untuk jalan-jalan, Street View dapat menyajikan gambaran awal daerah yang ingin dituju agar tidak terlalu asing," papar Rudy.

Sejak diluncurkan pada 2012, Street View telah tersedia di lebih dari 57 negera  diseluruh dunia. Namun, diakui Rudy, untuk di Indonesia baru empat kota besar yang tersedia.

"Sambil berjalan, kegiatan ini akan terus  kami lakukan. Harapannya, Google dapat mengambil pemandangan di seluruh wilayah di Indonesia," imbuh Rudy lagi.

Mantan Director of Programming and Production RCTI ini juga mengklaim, kehadiran Street View dapat membuat pariwisata di negara tersebut maju.

"Kami berharap rangkaian gambar Street View yang diluncurkan hari ini dapat memudahkan orang-orang diseluruh dunia untuk menemukan dan menjelajahi Indonesia, sekaligus menarik lebih banyak wisatawan dan investasi," demikian Rudy

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini