Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Imbas "Ledakan" Matahari Padamkan Layanan TV Kabel

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 23 September 2014 15:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 09 23 55 1043195 JcEWVIPbT9.jpg Imbas "Ledakan" Matahari Padamkan Layanan TV Kabel (Foto: Achmad Firdaus/Okezone)

JAKARTA - Fenomena ledakan matahari atau terlepasnya partikel surya, coronal mass ejection (CME) dikabarkan terjadi pada awal dan pertengahan September 2014. Partikel matahari tersebut melesat di luar angkasa menuju planet di sekitarnya, termasuk Bumi.

Tampaknya, partikel surya tersebut baru sampai di Bumi beberapa hari setelah puncak ledakan yang terjadi sekira pekan lalu. Dijelaskan bahwa CME yang tiba di Bumi bisa mempengaruhi sistem kelistrikan, menyebabkan pemadaman radio serta menghasilkan aurora yang menakjubkan.

Di saat yang bersamaan, terjadi pemadaman sementara pada layanan siaran televisi berbayar, Nexmedia. Dalam pemberitahuannya kepada pelanggan, Nexmedia memohon maaf karena terjadinya fenomena alam yang disebut 'Sun Outage'.

"Mohon maaf siaran Anda terganggu dikarenakan terjadinya fenomena alam Sun Outage (Kondisi Bumi-Satelit-Matahari dalam posisi sejajar). Siaran akan kembali normal dalam beberapa saat," tulis Nexmedia di layar kaca.

Menurut pantauan Okezone, pemadaman siaran televisi berbayar pada hari ini terjadi dalam waktu singkat, yakni sekira satu menit. Sementara kemarin, terjadi penghentian sementara selama sekira lima menit.

Wikipedia menjelaskan, sun outage atau transit matahari merupakan gangguan atau distorsi dari sinyal satelit geostationary yang disebabkan oleh radiasi matahari. Fenomena ini mempengaruhi gangguan pada sinyal satelit akibat radiasi matahari secara berlebih.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini