Nowela Bicara Smartphone dan Sisi Negatif Teknologi

Advent Jose, Jurnalis · Minggu 28 September 2014 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 27 94 1045261 m63eMcy2Tl.jpg Nowela saat berkunjung ke redaksi Okezone, Jumat (26/9/2014) (foto : Okezone)

JAKARTA – Nowela Elizabeth Auparay atau biasa dikenal Nowela, pemenang ajang Indonesian Idol ke-8, menceritakan pengalamannya dalam menggunakan telepon pintar atau smartphone, saat berkunjung ke redaksi Okezone, Jumat (26/9/2014). Ia menggunakan iPhone karena produk besutan Apple tersebut memudahkan mobilitasnya.

Nowela mengaku akses data cepat sangat dibutuhkan olehnya. “Yang pasti sih akses datanya cepet. Aku membutuhkan itu, akses data cepet kaya ngirim email, ngirim foto, terus aku butuh komunikasi yang cepet gitu. Aku juga suka sama sosial media, aku harus share sosial media aku, Instagram, Twitter, Path, itu semuanya ada di situ,” ujarnya.

Diantara banyaknya aplikasi di sebuah perangkat telepon pintar, Nowela mengaku paling sering menggunakan sosial media. “Twitter, Instagram, Path, itu paling sering banget aku gunakan. Email aku paling sering gunakan. Kalau message-nya kaya Whatsapp gitu,” tuturnya.

Selain itu, lanjut wanita kelahira Papua itu, kalau aplikasi yang aku suka itu Soundhound. “Itu yang buat nyari lagu itu, aku suka banget pake aplikasi itu. Jadi dimana pun aku denger lagu aku ga tau judulnya tapi lagu ini enak aku bisa langsung cari. Itu salah satu aplikasi favoritku,” lanjutnya.

Saat ditanya tentang dampak teknologi bagi kehidupan manusia saat ini, Nowela mengaku semuanya tergantung sudut pandang pemakai teknologi.

“Negatif positif sih, semuanya tergantung sisi pandang kita. Mempermudah hidup itu tentu saja oke buat kita sebagai manusia kita butuh dipermudah, cuman balik lagi, jangan mau diperbudak sama teknologi sih menurutku,” katanya.

Ia mengatakan dampak teknologi yang disayangkan terjadi pada anak kecil. “Anak kecil umur 3-4 tahun mereka dikasih iPad, udah mereka akan dikamar aja dengan iPad-nya mereka mainan apa pun ada di dalam iPad,” bilangnya.

Nowela sempat membandingkan pengalaman bermainnya dulu dengan anak sekarang. “Kita jamannya dulu, belum punya iPad, kita 3-4 tahun sedang seneng-senengnya di luar ruangan. Lagi seneng-senengnya ke sungai. Aku dulu suka nyari ikan di got kaya gitu. Maksudnya, itu kenangan yang indah banget setelah kita kaya gini,” ucapnya.

Ia menceritakan dulu semasa kecil memiliki banyak teman untuk diajak bermain di taman atau petak umpet. Baginya, hal yang sudah diceritakannya merupakan sisi negatif teknologi. “Kita kehilangan momen penting kaya gitu,” dengan mimik serius.

Ia menyarankan adanya pembatasan gadget terhadap anak. “Soalnya, iPad ketika anak kecil udah pake, kita ga akan bisa kontrol apa aja yang mereka pake. Kita ga akan bisa kontrol internet mereka sudah liat apa aja dan ketika kita ga bisa kontrol, suatu saat terjadi suatu hal kita ga bisa apa-apa,” bilangnya.

Nowela mengatakan, sebagai orang tua sebaiknya dibatasi waktu penggunaan gadget anak atau tahu kapan waktu paling pas menggunakannya. “Supaya momennya anak-anak kita tuh ga ilang,” ucapnya sembari senyum. (Bhirawa Mbani)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini