Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Windows 9 Segera Libas Masa Jaya Windows 8

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 29 September 2014 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 09 29 325 1045837 gBB9tnoq34.jpg Windows 9 Segera Libas Masa Jaya Windows 8 (Foto: Maximumpc)

CALIFORNIA - Windows 9 diharapkan menawarkan peningkatan dibandingkan OS sebelumnya, Windows 8. Perusahaan tidak lama lagi akan mengungkap preview dari OS terbarunya atau yang dijuluki dengan sebutan Threshold, yang ditujukan untuk pelanggan enterprise.

Dengan munculnya OS terbaru, perusahaan bisa merombak tampilan antarmuka, menyediakan fitur baru atau meningkatkan fitur yang telah ada. OS terbaru Windows 9 akan menjawab keluhan pengguna yang memakai Windows 8.

Dilansir Pcworld, Senin (29/9/2014), setelah kesuksesan Windows 7, Microsoft dianggap salah membaca pasar dengan merilis Windows 8. Munculnya Windows 8 juga dinilai merusak antarmuka yang sudah disenangi pelanggan pada Windows 7, meninggalkan jejak kekecewaan khususnya untuk pasar konsumen.

Bagi kalangan bisnis atau enterprise, Windows 8 boleh jadi sebuah sistem operasi PC yang mendukung pekerjaan mereka, yang cenderung cocok dipakai saat mobile dengan tablet. "Dengan Windows 8, Microsoft bertujuan memiliki produk dengan pengalaman sentuh pertama yang baik bagi konsumen dan Microsoft tidak berpikir tentang apa yang akan terjadi dengan perusahaan," ungkap Al Gillen, analis IDC.

Menurut data IDC, pada akhir 2013, ada sekira 716 juta kopi OS Windows yang ter-install di perangkat untuk kalangan bisnis di seluruh dunia. Lebih dari setengahnya, yakni sekira 361,2 juta merupakan Windows 7.

Masih untuk pengguna di kalangan bisnis, IDC mengungkap, sekira 224 juta menggunakan Windows XP dan hampir 40 juta memakai Windows Vista. Sedangkan Windows 8 mencapai 16 juta kopi.

"Windows 8 adalah jelas tidak untuk digunakan pengguna enterprise. (Windows 8) juga tidak memberi informasi bagi pekerja, sebuah pengalaman yang membuat mereka efisien pada pekerjaannya. Sehingga, Microsoft harus memastikan bahwa Windows 9 adalah baik untuk segmentasi enterprise," jelas Gillen.

Menurut IDC, Windows 8 bernasib lebih baik di pasar konsumen dengan 117,2 juta kopi yang tercatat di akhir 2013. Sementara Windows 7 tercatat 322 juta kopi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini