Android Lolipop versus Android KitKat

Advent Jose, Jurnalis · Kamis 16 Oktober 2014 12:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 10 16 57 1052921 MiHsySksuX.jpg Ilustrasi Android Lolipop versus Android KitKat (foto : Blog.systoolsgroup)

CALIFORNIA - Desas desus nama sistem operasi terbaru Google Android 5.0 L semakin terang benderang. Lolipop akhirnya dipilih secara resmi oleh Google sebagai nama OS barunya, membenamkan dua kandidat lainnya yakni “Lemon Meringue” dan “Licorice".

Lantas seperti apa perbedaan antara Android 5.0 Lolipop dan 4.0 KitKat. Simak ulasan berikut ini seperti dikutip melalui Techradar, Kamis (16/10/2014).

Material Design

Perubahan yang paling jelas dari Android 5.0 Lolipop adalah pada tampilan visual. Google telah bekerja untuk mendapatkan  "Material Design" baru selama berbulan-bulan, yang diklaim memiliki nilai estetika tinggi.

Android KitKat belum memenuhi standar material design tersebut. kerenanya, Google berharap material design  yang baru ini mampu menghapuskan rasa bersalah mereka.

Tampilan yang estetis itu dapat dirasakan saat melihatnya dalam keadaan flat dan 3D. Material Design mereflesikannya tampilan itu dengan garis-garis tebal yang bersih. Selain itu warnanya juga mampu bertransformasi (berubah-ubah) dengan animasi  yang menyenangkan.

Selain itu, yang paling terbaik adalah, pengguna dimungkinkan merasakan kedalaman dibekalang desain antaramuka (UI).  Tampilan yang menyenangkan itu juga diadopsi pada ikon aplikasi, font, dan interface untuk elemen yang sederhana seperti tombol navigasi baru dan ikon bar notifikasi.

Perubahan tidak hanya terjadi pada aspek visual, tetapi juga menyentuh ranah lain seperti fitur perintah suara “OK Google”.

Nofifikasi

Pemberitahuan adalah salah satu yang dirombak habis-habisan oleh Google di Android 5.0 Lolipop. Tampilan notifikasi meminimalisasi lockscreen.

Pengguna Android Lolipop dapat melihat pesan yang masuk secara langsung. Bahkan sebelum membuka kunci pada perangkat, pengguna bisa membalas pesan tersebut.

 Android Lolipop juga memiliki modus “do not disturb” seperti yang ada di iOS. Modus ini mengizinkan penggunanya mendapatkan pemberitahuan berdasarkan kontak yang dipilih, sehingga tidak akan mengganggu manakala ponsel terus berdengung dengan pemberihuan email atau pesan yang tidak diinginkan.

Di Android KitKat, meski mode itu ada, tetapi belum optimal. Sehingga versi Android baru ini lebih ditingkatkan kemampuan mode tersebut.

(amr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini