Startup Lokal Jangan Takut Bersaing di Bidang ICT

Wahyu Noor Hasan, Jurnalis · Selasa 28 Oktober 2014 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 28 207 1057838 startup-lokal-jangan-takut-bersaing-di-bidang-ict-FePoimyBjd.jpg Komunitas starup lokal di Indonesia (foto: ilustrasi dailysocial.net)

JAKARTA - Persaingan bisnis lokal yang sedang tumbuh di ranah industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bukanlah sebuah hal yang harus ditakutkan. Tumbuhnya para pebisnis lokal muda (startup), justru akan membentuk sebuah ekosistem yang kuat di bidangnya.

Hendrik Tio, CEO Bhineka.com mengutarakan bahwa sektor bisnis dibidang ICT ini adalah sebuah ladang usaha yang akan membentuk ekosistemnya sendiri. Dimana para pelaku usahanya, memiliki hubungan langsung yang terkait dibidangnya.

“Untuk menjaring pasar, pengusaha membutuhkan cara yang cerdik dengan memanfaatkan jejaring sosial. Contoh saja seperti Facebook, dalam media ini disediakan fitur membuat halaman ‘Fan Pages’ untuk menjaring pelanggan," jelas Hendrik kepada Okezone, di Jakarta.

Namun demikian, kata Hendrik, tidak mudah untuk mencari pengguna dan memintanya untuk me-like halaman tersebut. Makanya ada perusahaan jasa yang menyediakan hal itu.

Lebih lenjut ia menjelaskan, selain jasa untuk menjaring pengguna Facebook maupun situs jejaring sosial lainnya, para pebisnis juga bisa bekerja sama dengan penjual jasa lainnya. Seperti halnya tenaga outsource untuk membuatkan rilis tentang keunggullan produk yang dijualnya.

“Melalui kerja sama dengan pihak yang terkait, para pelaku bisnis sebenarnya sudah membuat ekosistemnya sendiri. Sehingga tidak ada hal yang perlu ditakuti, karena semua usaha yang dibentuk dalam satu bidang memiliki keterkaitan atau ketergantungan sendiri,” tutup Hendrik.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini