Alasan Developer Lokal Sulit Berkembang

Advent Jose, Jurnalis · Selasa 28 Oktober 2014 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 28 207 1058050 alasan-developer-lokal-sulit-berkembang-sHY8QAur7h.jpg Pengamat/praktisi TIK Onno W. Purbo (tengah) mengkiritis sulitanya berkembang developer muda (foto: Jose/Okezone)

JAKARTA - Developer lokal di Tanah Air selama ini punya masalah dalam menjual aplikasi ke toko aplikasi smartphone Android. Masalah itu terjadi pada pembayaran atau payment gateway.

Hal tersebut disampaikan oleh praktisi IT, Onno W Purbo saat ditemui di Jakarta pada hari ini, Selasa (28/10/2014). Menurut Onno, developer lokal Indonesia tidak bisa membuat aplikasinya berbayar di toko aplikasi Android.

"Anak-anak developer lokal itu hanya bisa membuat aplikasi yang gratis di toko aplikasi Android, karena fitur pembayaran dengan payment gateway kita tidak punya," kata Onno kepada Okezone.

Untuk menyiasati hal itu, lanjut Onno akhirnya mereka mencari cara agar bisa dapat keuntungan dengan memasukan sejumlah iklan di dalam aplikasinya.

Tetapi, menurut Onno lagi, itu justru menambah masalah karena pengguna kebanyakan terganggu dengan aplikasi yang disesaki dengan iklan yang terlalu banyak di dalam aplikasi.

"Sebagian orang justru lebih ikhlas buat membeli aplikasi berbayar dengan catatan bersih dari iklan. Karena itu penting sekali menciptakan platform yang mampu menampung aplikasi berbayar tanpa payment gateway, semisal dibayar dengan pulsa," tutup Onno.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini