Google Kembangkan Jam Tangan Pendeteksi Kanker

Amril Amarullah, Jurnalis · Rabu 29 Oktober 2014 12:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 10 29 57 1058377 google-kembangkan-jam-tangan-pendeteksi-kanker-PcalUy5S8y.jpg Teknologi jam tangan Google untuk mendeteksi kanker (foto: BBC)

SAN FRANCISCO – Google, perusahaan internet Amerika Serikat yang dikenal sebagai mesin pencarinya, kini melebarkan sayap di industri kesehatan. Baru-baru ini, Google mengumumkan penemuan teknologi terbarunya untuk membantu masyarakat dari ancaman penyakit kanker.

Seperti dikutip Telegraph.co.uk, Rabu (29/10/2014), dalam sebuah misi terbarunya, Google membuat terobosan dengan mengembangkan teknologi untuk mendeteksi penyakit kanker sejak dini. Google berupaya menggabungkan teknologi nanopartikel dan peranti sensor dalam bentuk fisik jam tangan.

Adapun konsep dari cara kerja alat tersebut yakni menggunakan sensor yang mendeteksi peredaran darah serta komposisi darah. Bila terdapat jejak-jejak kanker dalam darah, sang pemakai sensor akan bisa mengetahuinya.

Misi dari perusahaan tersebut adalah membantu memudahkan pelayanan kesehatan dari yang harus biasanya harus mengeluarkan biaya besar karena tingginya biaya berobat di rumah sakit, melalui alat ini dapat diketahui lebih awal sebelum kondisi pasien parah.

"Tim kami menggabungkan keahlian dari bidang biologi, kimia, fisika, teknik elektro, ilmu komputer, dan banyak lagi, dan kami fokus pada pengembangan alat diagnostik baru untuk dokter - perangkat pintar terutama baru yang mengintegrasikan dengan mudah ke dalam kehidupan sehari-hari dan bisa membantu mengubah deteksi, pencegahan, terhdap penyakit tersebut,” ujar Seorang juru bicara Google.

Proyek yang dipimpin oleh Dr. Andrew Conrad, seorang ahli biologi molekular yang sebelumnya mengembangkan tes HIV mengatakan bahwa alat ini dikembangkan tentunya dengan pertimbangan harga yang yang terjangkau bagi masyarakat luas.

“Yang sedang kami coba lakukan ialah mengubah obat dari reaktif dan transaksional mengenai proaktif dan preventatif..Nanopartikel memberikan Anda kemampuan untuk menjelajah tubuh dalam skala molekular dan selular,” kata Conrad.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini