Indonesia Bakal Punya Pabrik Handphone Sendiri

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 24 November 2014 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 24 57 1069999 indonesia-bakal-punya-pabrik-handphone-sendiri-zsjmRlYfd5.jpg Smartphone Evercoss A5Z (Foto: Evercoss)

JAKARTA - Smartphone lokal tidak bisa dianggap sebelah mata. Beberapa handset mengusung spesifikasi mumpuni, tetapi dengan banderol yang terjangkau.

Evercoss, yang dahulu bernama Cross, akan memperkenalkan pabrik smartphone mereka kepada wartawan Indonesia. Dengan mengumumkan kepada awak media, perusahaan yang menaunginya, PT Aries Indo Global (AIG), serius menggarap ponsel lokal di Tanah Air.

Isu mengenai dibangunnya pabrik smartphone lokal di Indonesia ini bukan hal baru. Pada September 2013, Edward Sofiananda mengungkapkan bahwa pembangunan pabrik Evercoss akan dilaksanakan di atas lahan seluas 8 hektare. Evercoss menggelontorkan dana hingga Rp1 triliun untuk bangun pabrik smartphone di Indonesia.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pabrik tersebut sudah dapat berproduksi pada 2014. Sedangkan untuk tahap pertama, Edward mengungkapkan akan ada 10 line produksi ponsel yang mampu memproduksi 500 ribu sampai 600 ribu unit ponsel setiap tiap bulannya.

Tidak hanya itu, dipilihnya Kota Semarang sebagai pembangunan pabrik dikarenakan upah minimum provinsi (UMP) di sana yang kebih kecil atau murah dibandingkan di Jakarta.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini