Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perubahan Iklim Ekstrem Ancaman Bagi Makhluk Hidup

Wahyu Noor Hasan, Jurnalis · Kamis 27 November 2014 11:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 11 27 56 1071330 perubahan-iklim-ekstrem-ancaman-bagi-makhluk-hidup-kgjdlU7wTA.jpg Foto ilustrasi perubahan iklim ekstrem ancaman bagi makhluk hiidup (Foto: Goodhouse)

LONDON - Perubahan iklim yang ekstrem dan pertumbuhan penduduk yang meningkat drastis, memiliki risiko yang tinggi bagi kehidupan.

Royal Society penasehat ilmiah untuk Pemerintah Inggris yang fokus untuk mempelajari ilmu pengetahuan, memberikan laporan bahwa resiko gelombang panas memiliki resiko besar terhadap populasi manusia yang meningkat sekira sepuluh kali lipat di tahun 2090.

Hal ini diprediksi diakibatkan dari efek rumah kaca yang terus meningkat, dan diperkirakan resiko ini juga memiliki dampak terhadap banjir yang akan meningkat empat kali lipat dan resiko kekeringan sebanyak tiga kali lipat, seperti dikutip dari Bbc, Kamis (27/11/2014).

“Masalah ini bukan hanya akan dihadapi masa mendatang, kemungkinan itu sudah dialami perlahan disini,” jelas Profesor Georgina Mace, salah satu peneliti dari Royal Society dalam laporannya.

Dirinya juga mengungkapkan, "Kami harus mendapatkan pola pikir bahwa dengan perubahan iklim dan peningkatan populasi dalam dunia yang selalu berubah, manusia perlu perencanaan jauh lebih baik jika ingin mengatasinya,” tambah Prof Georgine

Peneliti juga memberikan skenario keadaan dengan memberikan asumsi resiko yang akan dihadapi, peneliti beranggapan peningkatan suhu dari 2.6 hingga 4.8 Celcius sekitar 2090, ini bisa diakibatkan dari pertumbuhan emisi yang kurang kontrol dan akan berdampak buruk pada populasi sembilan miliar manusia.

Para peneliti juga mengungkapkan, memotong emisi gas rumah kaca sangat penting. Peneliti juga menyarankan ancaman bisa diatasi melalui pendekatan ganda. Cara termudah dan termurah adalah dengan ‘tempering’ gelombang panas.

Mempertahankan ruang hijau adalah salah satu pilihannya. Pilihan murah lainnya menanam pohon baru, atap hijau dan membuat lukisan putih untuk meminimalisir cahaya matahari. Selain itu, para peneliti juga mengungkapkan baha dampak mengenai AC (air conditioning) memperburuk perubahan iklim.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini