Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pencapaian BATAN di Usia ke-56 Tahun

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 05 Desember 2014 14:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 12 05 56 1075078 pencapaian-batan-di-usia-ke-56-tahun-sL0Dwye55e.jpg Pencapaian BATAN di Usia ke-56 Tahun (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

JAKARTA - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) genap berusia ke 56 tahun. Seiring dengan pertambahan usia, banyak hal yang telah dicapai oleh BATAN, baik dalam pengembangan secara kelembagaan, fasilitas nuklir sebagi sarana penelitian, dan sumber daya manusia.

“Fasilitas nuklir BATAN yang terdistribusi di Pasar Jumat, Serpong, Bandung, dan Yogyakarta sudah berkembang menjadi pusat penelitian yang mampu menghasilkan teknologi yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan nasional,” ujar Kabag Humas BATAN, Eko Madi Parmanto dalam keterangan resmi kepada Okezone, Jumat (5/12/2014).

Dalam keterangan lebih lanjut, Parmanto juga mengatakan bahwa fasilitas nuklir yang ada di Pasar Jumat sudah menghasilkan bibit unggul tanaman pangan dan holtikultura yang memiliki produktivitas tinggi. Selain itu, BATAN juga menguasai teknologi proses pengawetan makanan, strelisasi produk kesehatan, suplemen pakan ternak dan ikan, melakukan pemeriksaan kesehatan pekerja radiasi, serta membina kompetensi sumber daya manusia di bidang nuklir.

Selain hasil pengembangan fasilitas nuklir di Pasar Minggu, hasil pengembangan fasilitas nuklir di Serpong juga tidak kalah hebat. Parmanto mengatakan bahwa fasilitas nuklir Serpong, sudah menghasilkan teknologi fabrikasi elemen bakar reaktor yang bisa memenuhi seluruh kebutuhan reaktor nuklir di Serpong.

Di sisi lain, fasilitas nuklir Serpong juga sudah menguasai teknologi pengolahan limbah yang mampu mengolah limbah radioaktif dari aktivitas rendah, sedang, dan tinggi, serta mampu memproduksi isotop radio aktif yang dibutuhkan rumah sakit.

BATAN merupakan lembaga pemerintah non Kementerian yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang penelitian, pengembangan dan pendayagunaan iptek nuklir sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini