Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ponsel Mobile Berbahaya bagi Kesehatan Manusia?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 10 Desember 2014 11:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 10 56 1077208 ponsel-mobile-berbahaya-bagi-kesehatan-manusia-UNGAaWNmRk.jpg Ponsel Mobile Berbahaya bagi Kesehatan Manusia? (Foto: Telegraph)

LONDON - Ilmuwan dari University of Manchester mengungkapkan medan magnet yang diciptakan oleh ponsel mobile dan kabel listrik tidak berbahaya bagi manusia. Beberapa studi menunjukkan bahwa medan elektromagnetik yang dipancarkan dari perangkat mobile dan kabel listrik menyebabkan kemandulan serta kanker.

Studi mengenai medan elektromagnetik ini pernah diangkat pada 1970 dan mengaitkan hal tersebut dengan pemicu leukemia pada anak-anak. Akibatnya, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker telah mengategorikan frekuensi medan magnet sebagai 'possibly carcinogenic'.

Dilansir Telegraph, Rabu (10/12/2014), National Health Service (NHS) di Inggris menyarankan agar pengguna tidak menggunakan perangkat mobile untuk waktu yang lama. Mereka juga memperingatkan anak-anak tak memakai ponsel untuk percakapan telefon yang dianggap kurang penting.

Awalnya para ahli berpikir bahwa medan magnet dapat merugikan protein kunci dalam tubuh manusia. Namun, peneliti University of Manchester mengatakan bahwa medan magnet itu tidak memiliki dampak sama sekali terhadap tubuh.

Peneliti melihat seberapa lemah medan magnet (WMF) memengaruhi flavoproteins yang penting untuk kesehatan dan mengontrol sistem saraf dan perbaikan DNA. Jika protein ini terkena dampak maka ada efek serius bagi kesehatan manusia.

Namun, setelah dilakukan penelitian di laboratorium, peneliti University of Manchester menyimpulkan bahwa tidak ada efek apa pun dari medan magnet tersebut.

"Studi ini membawa kita lebih dekat ke titik dapat mengatakan bahwa kabel listrik, ponsel mobile, dan perangkat serupa lain cenderung aman bagi manusia," kata Nigel Scrutton dari Faculty of Life Sciences University of Manchester.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini