Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

100.000 Situs WordPress Terinfeksi Malware

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 17 Desember 2014 08:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 16 207 1080148 100-000-situs-wordpress-terinfeksi-malware-gvJHdGCdvV.jpg 100.000 Situs WordPress Terinfesi Malware (Foto: Mashable)

MOSCOW - Lebih dari 100 ribu situs WordPress dilaporkan terinfeksi dengan malware jenis baru. Malware asal Rusia ini disebut dengan nama SoakSoak dan telah ditemukan sejak September 2014.

Dilansir Itproportal, Selasa (16/12/2014), malware Rusia ini kabarnya memanfaatkan kesalahan dalam plug-in slideshow yang dinamakan Slider Revolution. Tim di belakang plug-in telah mengetahui kecacatan tersebut sejak September, tetapi tidak ada yang dapat dilakukan untuk memberantas masalah ini.

Menurut perusahaan riset di Sucuri, Google telah memblokir 11 ribu domain yang terinfeksi. Akan tetapi, kabarnya ada lebih banyak situs yang belum diketahui bahwa sesungguhnya mereka terinfeksi malware.

Menjadi sulit untuk mencegah penyebaran malware. Untuk bisa menghapus ancaman secara penuh, plug-in premium harus diperbarui yang bisa diselesaikan secara manual oleh situs administrator.

Dulfy, sebuah website video game telah sukses menghapus kode berbahaya dan sekarang telah menerapkan firewall. Namun, pemilik situs masih percaya bahwa ancaman itu kemungkinan bisa datang kembali.

Serangan SoakSoak memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan besar pada sistem manajemen konten WordPress. Pengguna yang mengunjungi situs yang terinfeksi dianggap berisiko, yang dikhawatirkan dapat menyebarluaskan malware tersebut.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini