Pendiri McAfee Tahu Dalang Dibalik Peretasan Sony Pictures

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 16 Januari 2015 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 16 207 1093272 pendiri-mcafee-tahu-dalang-dibalik-peretasan-sony-pictures-5KhsBK6X60.jpg Pendiri McAfee Tahu Dalang Dibalik Peretasan Sony Pictures (Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Pendiri perusahaan antivirus McAfee, John McAfee mengklaim telah mengontak grup hacker yang meretas Sony Pictures. Ia mengetahui siapa pihak yang meretas Sony Pictures dan menjamin bahwa mereka bukan berasal dari Korea Utara.

Dilansir Ibtimes, Jumat (16/1/2015), berbicara kepada IBtimes Inggris, John mengungkap bahwa FBI melakukan 'kesalahan'. "Saya bisa jamin mereka salah. Ini ada hubungannya dengan kelompok hacker. Saya tidak akan menyebut nama mereka," ungkap John.

Lebih lanjut John mengatakan, hacker ini merupakan sipil yang menganut kebebasan dan membenci pembatasan pada industri musik dan industri film. Pada Desember, Sony Pictures menjadi korban dari serangan cyber terdahsyat oleh grup yang menyebut diri mereka sebagai Guardians of Peace.

Mereka melumpuhkan sistem internal studio dan mencuri data sensitif, termasuk film-film yang belum pernah dirilis dan percakapan email pribadi. Kelompok ini mengancam akan melakukan kekerasan jika studio merilis film The Interview, yang tampak mengejek Korea Utara.

Sony Pictures menyerah dan gagal untuk merilisnya di bioskop. FBI, yang menginvestigasi serangan tersebut menuduh Korea Utara sebagai pelaku serangan itu meskipun bukti nyata belum ditampilkan kepada publik.

John McAfee menunjukkan bahwa dirinya telah berhubungan dengan hacker. Pria berusia 69 tahun ini mengungkapkan, seperti kebanyakan kelompok peretas, anggotanya berada di seluruh dunia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini