Asus Fonepad 8, Tablet Dual Speaker Bisa Telefonan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 19 Januari 2015 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 19 92 1094233 asus-fonepad-8-tablet-dual-speaker-bisa-telefonan-FZauvXxZPI.jpg Asus Fonepad 8, Tablet Dual Speaker Bisa Telefonan (Foto: Feri Usmawan/Okezone)

Asus menyediakan produk Fonepad 8 yang dilengkapi dengan dual speaker menghadap ke muka pengguna. Tablet 8 inci ini didukung sistem operasi Android 4.4.2 (KitKat). Okezone sempat mencoba tablet Asus ini, berikut ulasannya.

Terdapat logo Asus yang terletak di bagian bawah perangkat. Tampilan Fonepad 8 tidak berbeda dengan produk tablet pada umumnya. Untuk membedakan dengan produk tablet lainnya, Asus menghadirkan tablet dual speaker serta fitur dual SIM, serupa smartphone.

Fonepad 8 diperkuat dengan prosesor Intel Atom Z3530 dan kamera belakang 5MP (2560 x 1920 piksel). Sayangnya tidak terdapat fitur flash pada kamera belakang. Meskipun demikian, pengguna tetap bisa melakukan selfie dengan kamera depan 2MP.

Desain unibody pada perangkat memungkinkan slot SIM diletakkan pada bagian sisi tablet. Slot SIM yang tersembunyi diposisikan pada sisi kanan tablet untuk mendukung micro SD, SIM 1 dan SIM 2. Sementara tombol lainnya seperti power dan pengaturan volume terdapat di sisi kiri. Di bagian atas terdapat port audio serta microUSB.

 

Untuk menjalankan berbagai aplikasi multitasking, tablet Asus Fonepad 8 cukup bisa diandalkan dengan RAM 2GB. Tablet yang pernah diumumkan Juni 2014 ini memiliki tampilan layar yang jernih berkat teknologi IPS LCD (16 juta warna) serta kerapatan layar 189 ppi, namun tepian layar atau bezel dinilai kurang tipis.

Ketika dibawa bepergian tablet 8 inci (touchscreen) cukup ringan dengan berat sekira 328 gram. Asus Fonepad 8 juga bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam tas dengan ukuran dimensi bodi 214 x 120 x 8.9 mm.

Dengan fitur dual speaker, tablet buatan vendor asal Taiwan ini menyuguhkan kualitas suara stereo. Kualitas suara yang dihasilkan cukup baik dengan audio yang nge-bass dan bisa di-setting pada pengaturan volume paling tinggi, nyaring tanpa perlu khawatir suara menjadi pecah.

Asus menghadirkan tablet yang mampu merekam video full HD (1920 x 1080 piksel) ini dengan pilihan empat warna, seperti hitam, putih, merah dan emas. Dengan banderol harga sekira Rp2,6 jutaan, tablet yang mengadopsi protektor layar 'Oleophobic coating' ini menyediakan fitur SMS, sensor accelerometer, proximity, sertai compass.

 

Tidak hanya itu, tablet dengan konektivitas Bluetooth v4.0 dan WiFi ini diperkuat GPU PowerVR Rogue Hood yang cukup baik menjalankan aplikasi 3D. Fitur-fitur kelengkapan pada tablet ini dinilai cukup lengkap, walau pengguna tidak akan menemukan fitur radio.

Meskipun demikian, pengguna bisa mendengarkan radio secara streaming berkat dukungan jaringan GSM (2G) dan HSDPA (3G). Untuk penyimpanan data, Asus Fonepad 8 mengandalkan memori internal 16GB.

Melalui pengujian benchmark AnTuTu v5.6, tablet dengan resolusi layar 800 x 1280 piksel ini menampilkan skor 34750, yang posisi skornya masih di bawah LG G3, tetapi di atas HTC One. Sedangkan pada pengujian benchmark Quadrant, tablet ini menunjukkan skor 14240 dan pada pengujian NenaMark2, menghasilkan skor 60.6 fps.

 

Asus menyediakan fitur aplikasi bawaan SuperNote, yang menyediakan beragam tampilan layout untuk tugas pengetikkan teks maupun tulisan tangan secara manual. Asus juga menghadirkan fitur Power Saver yang bisa dipakai untuk modus hemat baterai. Tersedia pilihan ultra-saving mode untuk memaksimalkan fitur hemat baterai dan mematikan koneksi jaringan saat posisi perangkat idle.

Selain ultra-saving mode, terdapat opsi optimized mode untuk memperluas masa hidup baterai dan tetap menjaga koneksi jaringan. Opsi customized mode memungkinkan pengguna mengatur tingkat kecerahan layar dari beberapa aplikasi tertentu yang diakses pengguna.

Kesimpulan

Bagi pengguna yang gemar menonton film HD secara mobile atau gemar mendengarkan musik dengan loudspeaker, maka tablet Asus Fonepad 8 ini menyediakan kebutuhan tersebut. Tablet dengan fitur Power Saver ini juga memiliki daya tahan baterai yang baik, membuatnya bisa puas dipakai sebagai alat hiburan saat bepergian.

Tablet Fonepad 8 juga bisa menerima panggilan telefon atau dipakai menelefon dengan talk time 3G yang diklaim hingga 21 jam percakapan telefon. Perangkat ini memiliki speaker stereo, tanpa fitur radio.

Bagian permukaan belakang memiliki tekstur yang membuatnya tidak licin saat dipegang. Untuk kamera, hasil jepretan tidak terlalu mengecewakan dan kamera kurang dapat diandalkan pada kondisi rendah cahaya karena ketiadaan lampu flash.

Meskipun demikian, penggemar selfie tetap dapat memanfaatkan kamera depan 2MP dengan fitur HDR, Night, Beautification, GIF Animation dan Auto.

Kelebihan

- Dual speaker (stereo)

- Daya tahan baterai yang mumpuni berkat fitur Power Saver

- Tablet dengan fitur dual SIM

Kekurangan

- Kamera kurang tajam

- Kamera tanpa fitur flash

- Tanpa fitur radio

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini