Indosat Harapkan Spektrum 1.800Mhz Lebih Ngebut

Dini Listiyani, Jurnalis · Rabu 21 Januari 2015 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 21 54 1095266 indosat-harapkan-spektrum-1-800mhz-lebih-ngebut-f36Tgn3ot7.jpg Indosat Harapkan Spektrum 1.800Mhz Lebih Ngebut (Foto: Luthfi/Okezone)

JAKARTA – Gaung mengenai jaringan internet generasi keempat, 4G LTE telah terdengar sejak tahun lalu. Namun keseriusan dalam mengelola jaringan tersebut tampaknya tidak berjalan dengan cepat.

Faktanya, jaringan yang dikhususkan bagi pengguna yang gemar streaming dan sosial media harus menelan kenyataan bahwa kini jaringan 4G lebih lamban dibandingkan dengan 3G.

“Saat ini jaringan 4G kita tidak lebih cepat dari jaringan 3G. Pasalnya jaringan kita hanya ada pada kapasitas 5 Mhz di frekuensi 900Mhz,” jelas Adrian Prasanto selaku Div. Head Public Relation Indosat.

Jaringan yang dibangun oleh Indosat tersebut baru mencapai wilayah protokol Jakarta. Bahkan rencananya pada Q1, Indosat baru akan memperluas jaringannya di luar daerah Jakarta, yakni Jogyakarta dan Bali.

Informasi lebih lanjut, Indosat saat ini sedang menunggu pemerintah untuk menetralisir jaringan pada spektrum 1.800Mhz yang saat ini digunakan oleh 2G. Setelah jaringan pada spektrum tersebut netral, jaringan 4G LTE baru dapat dirasakan secara optimal.

Untuk mendorong ekosistem 4G di Indonesia, Indosat akan membuat bundling dengan perangkat yang mendukung 4G, seperti Samsung dan HTC. Sayangnya, Indosat belum melakukan bundling dengan ponsel lokal.

“Indosat akan mendorong bundling untuk penetrasi yang lebih. Kita mendorong handset yang ready 4G, seperti Samsung dan HTC. Untuk lokal, sampai saat ini belum ada,” jelas Prasanto kepada Okezone, Selasa, 21 Januari 2015.

Untuk menjadikan ekosistem 4G di Indonesia berkembang cepat, dibutuhkan perhatian khusus dari pemerintah. Tidak hanya jaringan, namun juga secara networking dan aplikasi.

“Kami berharap pemerintah mendukung ekosistem DNA, yakni Device, Network, dan aplikasi,” tutur Prasanto.

Prasanto menuturkan lebih lanjut, terkait dengan network, operator sudah sediakan dan menunggu di spektrum 1.800Mhz karena dengan spektrum tersebut akan lebih optimal. Sedangkan secara device, pemerintah harus menyediakan device yang dapat diterima oleh pasar. Yang terakhir ialah aplikasi, terutama aplikasi lokal.

Pasalnya, Aplikasi lokal harus tumbuh seiring dengan perkembangan 4G, jangan sampai menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini