Seram, Aplikasi WhatsApp Bisa 'Diintip' Orang Lain

Wahyu Noor Hasan, Jurnalis · Kamis 12 Februari 2015 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 12 57 1104811 seram-aplikasi-whatsapp-bisa-diintip-orang-lain-ndVcafWvfA.jpg Foto Logo Aplikasi Messaging WhatsApp (Foto: Whatsapp)

FINLANDIA – Aplikasi messaging berbasis teks, WhatsApp, ternyata memiliki kelemahan yang mudah untuk ‘mengintip’ aktivitas penggunanya. Hal tersebut diungkapkan seorang pengembang aplikasi asal Belanda yang menemukan kelemahan dalam WhatsApp.

Identitas dan lokasi keberadaan pengguna, juga bisa diketahui meski pengguna WhatsApp telah melakukan atau memasang pengaturan privacy di dalamnya. Penyerang diungkapkan bisa mengetahui dan mengakses lokasi dan gambar profil pengguna.

Pengembang aplikasi asal Belanda, Maikel Zweerink yang telah berhasil membuat aplikasi WhatsSpy mengungkapkan bahwa melalui pirantinya, bisa mengidentifikasi pengguna dimanapun berada. Bahkan juga bisa mengetahui apakah pengguna dalam modus aktif online atau offline.

“Anda mungkin berpikir sekarang Anda sudah mengatur semua pilihan untuk ‘tidak ada’ dan merasa Anda aman telah mengatur privasi. Namun demikian saya masih dapat melacak gerakan Anda di WhatsApp,” jelas Maikel Zweerink, yang dilansir dalam situs networld, Kamis (12/2/2015).

Menurutnya, aplikasi yang dikembangkannya dapat memantau sebanyak 700 pengguna bulanan WhatsApp, dan ditemukannya banya penggunanya adalah anak-anak. Namun kekuranganya, alat pantau ini tidak bisa menampilkan salah satu pesan yang terkirim.

Zweerink juga mengungkapkan, perangkat lunak kembangannya adalah berbasis web atau online, sehingga bisa memantau aplikasi WhatsApp secara real-time.

“Kemampuan untuk orang asing mengikuti status orang lain cukup menyeramkan dan mungkin bisa disalahgunakan. Ini bukan ‘hack’atau ‘mengeksploitasi’, tetapi hanya melihat kerusakan desain aplikasi WhatApp,” jelas Maikel Zweerink.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini