HP Pavilion 15 Tawarkan Kualitas Audio Mumpuni

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 18 Februari 2015 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 18 92 1107481 hp-pavilion-15-tawarkan-kualitas-audio-mumpuni-Dkp2cZitbT.jpg HP Pavilion 15 (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

HP Pavilion 15 tampil dengan desain yang tidak terlalu tipis, namun kokoh. Laptop dengan lebar layar 15.6 inci membuatnya tampak luas serta cocok untuk mendukung hiburan pengguna seperti menonton film HD.

HP menyediakan laptop mereka dengan opsi prosesor AMD dan Intel. Okezone sempat mencoba HP Pavilion 15 yang diperkuat dengan prosesor APU AMD A10-5745M (2.10 GHz) dengan Radeon Graphics.

Laptop dengan balutan warna perak ini dilengkapi dengan kualitas suara Beatsaudio. Kualitas suara Beatsaudio tidak diragukan lagi, menghasilkan suara yang tetap jernih walau dalam pengaturan volume tinggi sekalipun.

Menariknya, laptop dengan fitur DVD-ROM ini memiliki keyboard beserta numpad. Ada kelebihan maupun kekurangan dengan munculnya tombol numpad. Pengguna jadi tidak kesulitan misalnya saat mengerjakan tugas penghitungan dengan memanfaatkan tombol numpad, namun jarak antar tombol keyboard tampak terlalu rapat.

 

Terlebih pada tombol navigasi atau direction, tombol yang tersedia menjadi lebih kecil dan agak sulit bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan keyboard di laptop ini.

Laptop dengan harga kisaran Rp6,3 jutaan ini memiliki kapasitas hardisk 1TB. Kapasitas yang cukup besar tersebut bisa dipakai untuk menyimpan berbagai macam file, termasuk game maupun film HD.

Desain

Bagian atas laptop HP ini memiliki tekstur yang membuat permukaannya tidak rata. Tekstur bergaris-garis ini membuatnya tidak licin saat digenggam.

Bagian sudut cover laptop tampak membundar, tak berbeda dengan desain laptop pada umumnya. Laptop ini memiliki berat sekira 2,4 kilogram dengan dimensi 50.6 x 30.6 x 7.6 centimeter.

Performa

Laptop yang mendukung sistem operasi Windows 8.1 ini hadir dengan RAM 4GB. Kapasitas RAM yang besar membantu laptop untuk mengerjakan banyak tugas sekaligus atau multitasking.

HP membenamkan APU AMD A10-5745M pada Pavilion 15 yang memungkinkan laptop melahap game 3D terkini. Selain itu, HP Pavilion 15 dapat memutar video full HD dengan mulus.

Fitur

HP Pavilion 15 memiliki webcam dengan fitur exposure. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur tingkat kecerahan. Webcam juga bisa menangkap video dalam kualitas HD 720p serta menjepret gambar dalam resolusi 1280 x 720 piksel. Webcam juga memiliki fitur 'timer' yang bisa diatur dalam hitungan mundur 10 detik atau 3 detik.

Di bagian kanan laptop, terdapat kelengkapan antara lain port LAN (ethernet), power, HDMI, dua port USB serta pembaca kartu SD. Di bagian sisi kanan laptop terdapat udara pembuangan. Agar terasa panas di bagian sisi kanan laptop bila laptop dalam posisi dipangku. Di bagian kiri laptop, terdapat satu port USB, DVD-ROM serta port audio 3.5mm.

Kesimpulan

Laptop seharga Rp6,3 jutaan ini menawarkan layar besar (15 inci) yang cocok untuk para penggemar film HD atau pecinta game PC. Tersedia juga DVD-ROM, yang membuat laptop ini terkesan raksasa atau tampak tebal.

 

Untuk kekuatan baterai, laptop ini tampaknya cukup boros dengan penggunaan hanya sekira dua jam dalam satu kali pengisian baterai. Selain itu, laptop ini juga kurang nyaman saat dipangku karena mengeluarkan panas pada bagian bawah atau dekat sistem pembuangan udara.

Adanya fitur pembaca kartu SD membantu pengguna agar tidak repot membawa 'card reader' saat bepergian. Teknologi Beatsaudio membuat suara yang dihasilkan HP Pavilion 15 bertenaga dan tetap jernih.

Pada bagian keyboard, terdapat tombol numpad yang tidak semua laptop menghadirkan tombol tersebut. Adanya tombol numpad membuat susunan tombol keyboard tampak lebih rapat dan ukuran beberapa tombol seperti tombol navigasi menjadi 'menyusut'.

Kelebihan

- Layar besar 15 inci

- Kualitas suara Beatsaudio

- Tersedia numpad & DVD-ROM

Kekurangan

- Laptop terasa panas

- Baterai yang boros

- Tidak touchscreen

Spesifikasi

- Layar 15.6 inci

- Prosesor APU AMD A10-5745M

- RAM 4GB

- Hardisk 1TB

- Konektivitas Bluetooth dan WiFi

- Tiga buah port USB

- DVD-ROM (DVD RW Optical Drive)

- Port audio 3.5mm

- HDMI

- LAN

- Pembaca kartu SD

- Mendukung OS Windows 8.1

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini