m-Fish, Aplikasi yang Memudahkan Nelayan Menangkap Ikan

Advent Jose, Jurnalis · Kamis 26 Februari 2015 15:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 02 26 54 1110994 m-fish-aplikasi-penangkap-ikan-nelayan-indonesia-V3M2g1ziVI.jpg Nelayan Indonesia nantinya terbantu dengan aplikasi m-Fish besutan XL ini (foto: Okezone)

MATARAM - Operator XL memperkenalkan aplikasi m-Fish (mobile Fish), yang merupakan teknologi untuk membantu serta memudahkan nelayan dalam menangkap ikan.

Wakil Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, mengatakan, m-Fish akan membantu para nelayan dalam memperkirakan kondisi cuaca terbaik untuk mencari ikan, hingga menunjukan letak keberadaan plankton dan ikan berkumpul.

Adapun aplikasi m-Fish ini dirancang oleh developer bernama Tone. “Salah satu tujuan dikembangkannya aplikasi ini untuk nelayan Indonesia, agar mereka dapat menguasai kekayaan alam lautnya sendiri,” kata Dian Siswarini saat peluncuran aplikasi m-Fish di Pantai Pondok Perasi Ampenan, Lombok, Kamis (26/2/2015).

m-Fish sendiri merupakan sebuah aplikasi yang terinstal secara langsung di smartphone Android (pre-loaded app). Aplikasi tersebut terbundel lengkap dalam satu paket (kit) yang terdiri atas smartphone Android, solar charger (pengisian baterai bertenaga surya), buku panduan, dan tas tahan air.

Ke depan, lanjut Dian, m-Fish ‘kit’ akan disebar secara gratis untuk seluruh nelayan di Lombok yang berjumlah 18 ribu kit. Sementara secara nasional, perusahaan menargetkan sebanyak 50 ribu kit akan dibagikan untuk empat wilayah lagi antara lain, Tegal, Karimun Jawa, Kendari, dan Lombok.

Nantinya para nelayan akan diedukasi agar mampu menggunakan aplikasi tersebut. Saat ini kemampuan yang dijanjikan oleh aplikasi m-Fish yakni chatting sesama para nelayan agar bisa saling berkomunikasi, serta meningkatkan kewaspadaan di laut (SOS System).

Kedua, memantau cuaca sehingga nelayan mampu melihat kondisi cuaca dengan kemampuan pengukuran berbasis internet. Harapannya mereka bisa menentukan waktu terbaik untuk mencari ikan dengan lebih modern.

Selain itu, aplikasi m-Fish juga memiliki fungsi antara lain melihat nilai jual ikan, berita, info ketinggian pasang surut dan lainnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini