Empat Alat Sederhana untuk Melihat Gerhana Matahari

Wahyu Noor Hasan, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2015, 17:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 19 56 1120889 empat-alat-sederhana-untuk-melihat-gerhana-matahari-ETMEpIYkUb.jpg Foto Screenshot Video Tutorial Pembuatan Alat (Foto : Youtube)

CALIFORNIA – Kejadian gerhana Matahari yang kabarnya akan menimpa beberapa wilayah di dunia, memang dapat mengakibatkan kegelapan di wilayah tersebut. Namun, tak dipungkiri bahwa bencana tersebut akan menarik perhatian banyak orang, sehingga akan mencoba untuk melihatnya.

Tak sedikit juga para ilmuwan atau dokter menyarankan untuk menggunakan kacamata khusus, agar aman dalam melihat kejadian gerhana tersebut. Pasalnya, gerhana Matahari yang terjadi dan dilihat langsung dengan mata telanjang, bisa mengakibatkan retina mata terbakar.

Kacamata khusus, biasanya hadir dengan bahan sejenis kromium atau alumunium untuk melemahkan pancaran radiasi inframerah. Bahan tersebut merupakan sebuah filter yang diyakini bisa mengurangi dampak berbahaya yang terjadi saat melihat gerhana Matahari.

Namun, tidak hanya kacamata saja yang dapat digunakan sebagai alat mediasi untuk melihat gerhana secara langsung, ada beragam alat lain yang juga bisa dimanfaatkan. Berikut kami informasikan pengaman mata untuk melihat gerhana Matahari, seperti dilansir dari laman situs IBtimes, Kamis (19/3/2015).

Teropong atau Teleskop

Para ilmuwan antariksa NASA mengabarkan bahwa teropong atau teleskop, adalah alat yang paling tepat dan aman untuk melihat gerhana Matahari secara sempurna. Hanya sayangnya, perangkat ini membutuhkan dataran tinggi dan tanpa halangan untuk melihat aktivitas gerhana tersebut.

Bejana Air

Jika teleskop terlalu mahal dan sulit didapatkan, pengguna bisa mengakalinya dengan melihat pancaran atau kejadian gerhana Matahari langsung dengan metode pantulan. Cara yang paling sederhana dilakukan adalah dengan melihat pantulan gerhana pada sebuah bejana air, sehingga pantulan kejadian gerhana bisa dinikmati langsung dengan mata telanjang.

Lubang Jarum

Seperti halnya metode pantulan, cara sederhana dan aman yang bisa digunakan oleh orang untuk melihat gerhana Matahari adalah dengan memproyeksikannya pada sebuah lubang jarum. Proyeksikan pancaran gerhana Matahari pada lubang jarum, melalui sebuah mediasi kertas atau alat lainnya sehingga sebuah pantulan gerhana Matahari bisa terlihat dengan aman.

Ambil sebuah kardus kosong, seperti kotak sepatu. Buat sebuah lubang pada kotak sebesar 2 sentimeter dengan pisau atau gunting, kemudian tutup dengan selembar kertas foil atau alumunium.

Setelah lubang ditutup, lubangilah dengan sebuah jarum. Area ini digunakan untuk dihadapkan ke arah gerhana. Sedangkan pada sisi berlawanan, tambahlah bagian yang terproyeksi cahaya gerhana matahari dengan selembar kertas putih. Sedangkan untuk sisi bagian proyeksi tersebut, pengguna bisa melubanginya untuk melihat pantulan cahaya gerhana yang dipancarkan dari lubang jarum pada area kertas putih.

atau Simak video, dengan klik disini

Kacamata Hitam

Tak semua jenis kacamata bisa digunakan untuk melihat langsung gerhana Matahari, ada sebagian kacamata yang dibuat khusus untuk melihat pancaran tersebut. Kacamata hitam pun demikian, maka untuk lebih amannya, pastikan pengguna memiliki kacamata yang memang direkomendasikan oleh toko atau dokter dapat digunakan untuk melihat kejadian gerhana Matahari.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini