Jutaan Pasang Mata Saksikan Gerhana Matahari

Dini Listiyani, Jurnalis · Sabtu 21 Maret 2015 12:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 03 21 56 1122121 jutaan-pasang-mata-saksikan-gerhana-matahari-DqyuP91yup.jpg Jutaan Pasang Mata Saksikan Gerhana Matahari (Foto: BBC)

LONDON – Jutaan orang di Inggris dan Eropa Utara menyaksikan gerhana matahari terbaik pada tahun ini. Gerhana matahari itu membuat sebagian Bumi menjadi gelap gulita.

 

Sebagaimana dilansir BBC, Sabtu (21/3/2015), dari pesawat di atas Kepulaun Faroe, kamera kru BBC menangkap objek mengejutkan dari peristiwa yang terjadi pada 20 Maret waktu setempat itu. Bayangan yang dalam pertama terbentuk di Atlantik Utara, kemudiam menyapu ke Artik, dan berakhir di Kutub Utara.

Orang-orang yang tertarik untuk menyaksikan sekilas peristiwa langka tersebut disarankan tidak melihat secara langsung. Pasalnya, dapat berdampak serius.

 

Laporan juga menyebutkan bahwa gerhana matahari itu mencapai sekira 83 persen dan menutupi sebagian besar Inggris dan puncak kegelapan terjadi sekira pukul 09:35 GMT. Namun, waku serta tingkat gerhana bervariasi di setiap lokasi.

Misalnya, di Kepulauan Shetland. Gerhana mencapai puncaknya pada pukul 09:43 GMT dan hampir terjadi gerhana matahari total. Hal itu dikarenakan 97 persen piringan matahari tertutup Bulan. Sementara di Inggris, cuaca berubah lebih baik dari perkiraan sebelumnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini