Menjajal Smartphone Murah Sony Xperia E4

Advent Jose, Jurnalis · Rabu 25 Maret 2015 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 25 92 1124039 menjajal-smartphone-murah-sony-xperia-e4-m9tJv2G95P.JPG Menjajal smartphone murah Sony Xperia E4 (foto : Okezone)

SONY mempersembahkan handset harga terjangkau bernama Xperia E4 pada awal Maret lalu untuk pasar Indonesia. Perusahaan mengklaim, smartphone ini dirancang untuk menyasar pangsa pasar jiwa muda.

Menurut Marketing Manager Sony Mobile, Ika Paramita, perangkat ini merupakan handset user friendly yang menonjolkan kemampuan utama pada baterai. Perusahaan mengklaim, E4 mampu bertahan hingga dua hari secara aktif tanpa diisi ulang (charge), lantas seperti apa kekuatan dari perangkat seharga Rp2 juta ini, simak ulasan berikut.

Desain

Ketika pertama kali menggenggam E4, penulis agak tercengang karena Sony menerapkan desain yang tidak biasa pada smartphone ini. Desain tersebut justru terkesan aneh karena Xperia E4 memiliki ukuran layar 5 inci, dan menerapkan desain pinggiran (sudut) yang tidak lancip serta ber-bodi agak gendut.

Pada bagian belakang, penutup smartphone (back case) terbuat dari bahan semacam plastik yang kesat sehingga saat dipegang E4 terasa kesat sehingga tidak mudah jatuh. Meski demikian, desain tersebut justeru terlihat murahan seperti diterapkan pada smartphone low-end seharga Rp1 jutaan.

Tombol fisik kamera yang lazimnya terletak di sebelah kanan perangkat berdampingan dengan volume, absen dari perangkat ini. Hanya terdapat tombol volume dan power on/off saja di sisi kanan.

Selain itu, poin sorotan lainnya terletak pada penggunaan material kaca pelindung layar. Tidak diketahui jenis pelindung layar apa yang dipakai oleh Sony pada smartphone ini hanya saja terasa kurang nyaman saat disentuh (mengggeser).

Spesifikasi

Xperia E4 dipersiapkan oleh Sony sebagai perangkat kelas menengah di lini smartphone mereka. Dilengkapi dengan konektivitas dual SIM card, perangkat ini telah mendukung jaringan 3G dan 2G, sayang belum kompatibel 4G.

Performa

Meski memiliki spesifikasi yang terbilang cukup standar, tetapi saat menjajal kemampuannya dengan bermain game dan menonton video, perangkat ini menunjukan kemampuan yang baik. Saat menjalankan Game Asphalt 8, tidak ada lag dan permainan terasa mulus. Begitupun saat menonton video, tampilan yang yang ditawarkan cukup baik namun memang tidak bisa dikatakan ‘wah’.

User Interface

Tidak jauh berbeda dari perangkat pintar Sony lainnya, tampilan user interface yang disematkan pada E4 hampir sama yakni menggunakan UI khas Sony. Meski resolusi yang ditanamkan kecil (540 x 960), namun tampilan yang diberikan tetapi segar dan cukup baik.

Pada perangkat ini, Sony juga tidak terlalu banyak “menyesaki” dengan aplikasi bawaan alias apps pre-loaded. Dari 8 GB yang diberikan, tersisa sekira 6 GB ruang kosong yang dapat ditanami aplikasi maupun file lain. Pengguna juga diberikan keleluasaan menampung banyak file pada perangkat ini karena dukungan memori eksternal hingga 32 GB.

Kamera

Masuk pada unit pengujian kamera, tampaknya tidak ada yang terlalu istimewa dari hal ini E4. Ponsel pintar ini menggunakan resolusi kamera 5MP (belakang) dengan resolusi tangkapan gambar 2.560 х 1.920. Kelengkapan fitur lainnya meliputi autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama.

Sementara pada unit bagian depan, terdapat kamera dengan resolusi 2 MP (720 piksel). Modus perekaman video dari smartphone ini mampu menyajikan gambar beresolusi HD 1.080 piksel dengan kualitas tangkapan 30 fps (frame per second).

Saat mencoba kamera belakangnya, cukup terasa sedikit shutter lag, demikian pada kamera depannya. Kabar baiknya, tombol fisik sedikit ke kanan di bagian tengah cukup membantu untuk mempermudah dalam mengambil foto, baik selfie maupun dengan kamera belakang.

(kamera belakang)

(kamera depan)

Kesimpulan

Sony memang cukup jeli melihat pangsa smartphone mid-end dengan menghadirkan Xperia E4. Dari sisi harga, smartphone ini memang terbilang cukup ramah kantong jika dibandingkan perangkat Sony lainnya yang umumnya dibanderol di atas Rp2 jutaan.

Namun smartphone ini, akan bersaing ketat dengan ponsel mid end lainnya milik vendor Negeri Tiongkok seperti Xiaomi dan Lenovo. Pada tahun ini, mereka mengeluarkan varian smartphone 4G dengan harga di bawah Rp2 jutaan dan itu merupakan sisi kelemahan dari E4.

Kelebihan

Harga terjangkau

Nyaman digunakan (tidak licin)

Tampilan cukup tajam

Speaker Jernih

Kelemahan

Belum 4G

Desain bodi agak aneh dan terkesan murahan

Layar pelindung kesat (tidak nyaman)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini