Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rayakan Hakteknas, Menristek Dorong Inovasi dalam Negeri

Lanjar Wiratri, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2015 17:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 26 207 1124757 rayakan-hakteknas-menristek-dorong-inovasi-dalam-negeri-q4hbuPbkmy.jpg Rayakan Hakteknas, Menristek Dorong Inovasi Dalam Negeri (Foto: Kemenristek)

JAKARTA – Dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Menristek, Muhammad Nasir, mengharapkan anak muda Indonesia dapat mengembangkan dunia kemaritiman, pangan, dan energi Indonesia akan lebih maju ke depannya.

Menurut Muhammad Nasir, saat ini putra-putri Indonesia telah banyak yang sukses melakukan berbagai riset dan rekayasa teknologi. Namun, nyatanya berbagai riset tersebut hasilnya sebagian tidak dapat dimanfaatkan oleh rakyat Indonesia.

“Ini kembali pada masalah paten, banyak putra-putri Indonesia memiliki paten terhadap berbagai produk yang luar biasa, namun ternyata berbagai paten tersebut tidak dapat dimanfaatkan untuk kemajuan dunia usaha Indonesia,” ujar Muhammad Nasir.

Selain masalah paten anak muda Indonesia sulit dimanfaatkan di negeri sendiri, Nasir menduga hasil riset anak bangsa tersebut mungkin kurang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha Indonesia. langkah awal, Kemenristek ingin national innovation point untuk menyalurkan berbagai penemuan dan riset agar dapat bermanfaat bagi negara.

“Kami mengharapkan Hakteknas dapat mempromosikan berbagai hasil teknologi buatan anak Indonesia agar dapat dimanfaatkan oleh dunia usaha, jadi sangat tepat agar ada pendampingan dari pemerintah untuk putra-putri Indonesia agar ke depannya dapat menghasilkan riset yang berguna,” pungkasnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini