PP IPTEK Ajak Warga Saksikan Gerhana Bulan Total

Advent Jose, Jurnalis · Jum'at 03 April 2015 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 03 56 1128805 pp-iptek-ajak-warga-saksikan-gerhana-bulan-total-2htCBXx6no.jpg Ilustrasi (foto : Astronoteen)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, besok di Indonesia akan terjadi fenomena astronomi yang langka. Peristiwa tersebut adalah Gerhana Bulan Total (GBT).

Pusat Peragaan IPTEK, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan mengadakan peneropongan langsung Gerhana BulanTotal yang dimulai dari pukuI17.00-20.00 WIB.

Gerhana Bulan Total terjadi ketika Bumi berada di antara Bulan dan Matahari, sehingga mengaburkan cahaya Matahari yang diterima permukaan Bulan. GBT ditandai dengan permukaan Bulan Purnama yang berubah menjadi merah.

“Puncaknya, bulan tidak akan hilang seperti layaknya gerhana Matahari, bulan akan berubah warna. GBT akan terlihat di seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke,” tulis PP IPTEK dalam keterangan persnya.

Selain menjadi gerhana bulan pertama di 2015, GBT ini juga merupakan gerhana bulan total ketiga dari rangkaian empat GBT yang terjadi berurutan. Seri gerhana bulan total yang diisi oleh empat gerhana bulan total ini dikenal juga dengan sebutan seri tetrad.

Dalam rangkaian seri tetrad tersebut, GBT pertama dan kedua telah terjadi pada 15 April 2014 dan 8 Oktober 2014. Gerhana Bulan sangat mudah dan aman untuk dilihat dengan mata telanjang, tetapi jika menggunakan teleskop, Anda dapat melihat detik-detik gerhana yang lebih menakjubkan.

Kegiatan peneropongan di PP-IPTEK secara cuma-cuma ini akan menggunakan teropong tipe Celestron Computerized sebanyak 3 (tiga) unit yang akan dihubungkan dan ditampilkan ke televisi sehingga dapat disaksikan oleh seluruh pengunjung yang hadir pada saat itu. Selain menyaksikan peneropongan, ada juga talkshow tentang Gerhana Bulan dan pemutaran film dengan judul Moon.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini