Jasa Teleskop Luar Angkasa Hubble Selama 25 Tahun

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 05 April 2015 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 05 56 1129370 jasa-teleskop-luar-angkasa-hubble-selama-25-tahun-rxUPFSNXww.jpg Teleskop luar angkasa Hubble (Foto: Optikos)

CALIFORNIA - National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan European Space Agency (ESA) akan merayakan hari jadi teleskop luar angkasa Hubble yang ke-25. Teleskop Hubble diluncurkan pada 24 April 1990.

Dilansir Stgist, Minggu (5/4/2015), Hubble membantu memperluas pengetahuan manusia terkait dengan alam semesta. Hubble mengobservasi tidak hanya objek asing, tetapi juga jutaan galaksi di luar angkasa.

Apa saja jasa teleskop luar angkasa ini? Pada Maret 2015, ilmuwan mengumumkan temuan bahwa Ganymede, bulan milik Jupiter menyembunyikan lapisan batu silikat dan es keras di kedalaman 150 kilometer. Ilmuwan memeriksa bulan yang jaraknya 390 juta mil tersebut menggunakan data yang diperoleh Hubble.

Pekan lalu, NASA mengumumkan temuan 'ghost of quasars' menggunakan data dari Hubble. Temuan galaksi tersebut menunjukkan adanya objek tidak kekal berwarna kehijauan.

Selain temuan tersebut, Hubble juga banyak memberikan wawasan mengenai evolusi galaksi, akselerasi alam semesta yang meluas, usia kosmos, beberapa temuan lubang hitam dan sebagainya.

Pada ultahnya yang ke-25, NASA akan merayakan hari jadi Hubble dengan beberapa event. Badan antariksa Amerika Serikat tersebut akan menggelar film IMAX 'Hubble 3D', sebuah dokumenter tentang misi perbaikan teleskop yang ditayangkan di beberapa bioskop Amerika Serikat.

Beberapa tempat seperti Washington, D.C, National Air and Space Museum juga menampilkan teleskop Hubble dan event ini akan berjalan hingga akhir bulan ini. NASA juga mengonfirmasi bahwa Newseum di AS akan menampilkan gambar Hubble Space Telescope pada 23 April 2015.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini