Biaya untuk Membuat Domain Indonesia

Wahyu Noor Hasan, Jurnalis · Senin 06 April 2015, 13:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 04 06 207 1129673 biaya-untuk-membuat-domain-indonesia-2FEluRw4HO.jpg Foto Ilustrasi Biaya untuk Pembuatan Nama Domain di Indonesia (Foto : Pandi)

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau kepada pengelola situs di Tanah Air untuk menggunakan domian (dot) co (dot) id. Selain memudahkan untuk melakukan screening tentang muatan konten dalam situs, juga memudahkan berkomuunikasi dengan pemerintah.

Kepala Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ismail Cawidu menjelaskan, untuk mendapatkan nama domain situs menjadi (dot)co(dot)id, pemilik situs harus berbadan hukum di Indonesia dan permohonan tersebut bisa dilakukan di lembaga berbadan hukum seperti Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

“Untuk pengajuan nama domain (dot)co(dot)id tersebut, pemilik situs hanya dikenakan biaya sekira Rp100 ribu per tahun, dengan melengkapi surat-surat administrasi perusahaan. Sedangkan untuk nama domain (dot)id saja, pengguna bisa menyertakan kartu identitas pribadi dengan biaya Rp500 ribu per tahun,” jelas Ismail kepada Okezone, Senin (6/4/2015).

Meski diakui Cawidu hingga kini belum ada aturan jelas mengenai komunikasi yang dilakukan antara pemilik situs dan pemerintah seperti apa. Namun, kemungkinan besar dengan perpindahan nama domain tersebut, Pemerintah dapat dengan mudah untuk melakukan screening tentang muatan konten dalam situs.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini