Share

Sistem Komputer Di- hack, Email Rahasia Obama Tersebar

Lanjar Wiratri, Jurnalis · Selasa 28 April 2015 05:32 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 27 207 1140812 sistem-komputer-di-hack-email-rahasia-obama-tersebar-Kk4AFvM2Rc.jpg Sistem Komputer Di-hack, Email Rahasia Obama Tersebar (Foto: Independent)

WASHINGTON - Hacker Rusia dilaporkan berhasil membobol sistem komputer Gedung Putih yang menyebabkan email rahasia Presiden Amerika Serikat Barrack Obama tersebar.

Sebagaimana dilaporkan V3, Senin (27/4/2015), hacking yang dilakukan oleh para hacker Rusia terhadap sistem komputer Gedung Putih itu diperkirakan telah berlangsung sejak tahun lalu. Namun, rincian data terus bermunculan dan informasi terbaru menunjukkan bahwa tingkat data dijarah dan informasi yang terkena hack jauh lebih buruk dari sebelumnya.

Dalam laporan yang disampaikan The New York Times menyatakan bahwa beberapa email rahasia Obama tersebar karena hacker berhasil mencegat data dari BlackBerry-nya. Informasi lain juga menyebutkan, email itu tidak diambil langsung dari ponsel Obama, tapi dari komputer orang lain di Gedung Putih.

Para pejabat Gedung Putih tidak mengungkapkan jumlah email terkena, dan menolak untuk mengomentari isinya. Namun, mereka mengatakan bahwa tidak ada jaringan yang terganggu, dan tidak ada data sensitif yang hilang akibat tindakan para hacker tersebut.

Meski diklaim tak menimbulkan masalah serius, serangan dari hacker Rusia terhadap sistem komputer Gedung Putih yang dilakukan kali ini disebut menjadi ‘salah satu serangan yang paling canggih’. Meski begitu, pihak Gedung Putih masih menolak untuk berkomentar.

"Kami terus memperbarui langkah-langkah keamanan pada sistem unclassified kami, tapi kami terus terang mengatakan untuk bertindak seolah-olah kita tidak perlu memasukkan informasi yang sensitif pada sistem itu," kata Ben Rhodes, wakil penasihat keamanan nasional Presiden Obama, awal bulan ini.

Follow Berita Okezone di Google News

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini