120 Desa Perbatasan RI-Malaysia Siap Nikmati Internet

Amir Sarifudin , Jurnalis · Kamis 21 Mei 2015 11:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 05 21 207 1153012 120-desa-perbatasan-indonesia-malaysia-siap-nikmati-internet-nMwmywGPrh.jpg 120 desa di perbatasa siap menikmati internet (foto: ilustrasi)

BALIKPAPAN – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan sebanyak 120 desa di perbatasan Kalimantan dengan Malaysia bisa menikmati infrastruktur internet pada 2016.

"Sekira 120 desa yang ada di perbatasan harus sudah ada BTS tahun 2016," kata Menkominfo Rudiantara di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (20/5).

Rudi menjelaskan, pembangunan infrastruktur teknologi komunikasi dan informasi di kawasan perbatasan juga akan melibatkan pemerintah daerah setempat. Penyediaan lahan dan pembangunan menara, kata Rudi, akan menjadi tanggung jawab pemda.

“Kepala daerahnya menyediakan lahan, pemprov membangun tower, nanti operator yang akan membangun BTS. Kalau itu diterapkan sekarang pastinya operator mikir balik modal, makanya disubsidi,” jelasnya.

“Sekarang ini belum banyak operator yang membangun base transceiver station (BTS) di kawasan perbatasan karena mereka ini orientasinya melihat dari sisi ekonomi,” lanjutnya.

Namun diakui perhitungan keuntungan balik modal yang dilakukan oleh operator telekomunikasi menjadi salah satu kendala yang mengakibatkan belum meratanya ketersediaan akses komunikasi di kawasan perbatasan.

General Manager Telkom Kaltim-Kaltara Joko Rahardjo mengungkapkan hingga kini lebih dari 80 BTS sudah terbangun di Kalimantan Timur dan Utara khususnya dikawasan perbatasan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini