Indosat Prediksi Terjadi Peningkatan Trafik di Jalur Mudik Tol Cipali

Advent Jose, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2015 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 16 54 1166396 indosat-prediksi-terjadi-peningkatan-trafik-di-jalur-mudik-tol-cipali-43NPL36ynd.jpg Indosat lakukan uji jaringan di jalur mudik lebaran 2015 (foto: Jose/Okezone)

TEGAL - Indosat melakukan uji jaringan di kota Tegal-Pekalongan, Jawa Tengah, jelang Ramadan dan Lebaran 2015. Dua kota tersebut dipilih lantaran diprediksi akan mengalami penumpukan lalu lintas mobil, terlebih lagi setelah diberlakukannya tol Cipali yang hari ini resmi beroperasi.

Karena itulah, Indosat memprediksi trafik telekomunikasi juga akan melonjak di jalur potensi kemacetan mudik ini. Hasil drive test menunjukkan kecepatan maksimal download mencapai 26,3 Mbps dengan rata-rata download 4,8 Mbps. Sedangkan kecepatan maximum upload mencapai 5,5 Mbps dengan rata-rata upload 2,8 Mbps.

"Sepanjang rute drive test aktivitas internet berjalan dengan baik dan tanpa buffering. Itulah sebenarnya pengaplikasian yang diinginkan melalui uji jaringan ini, bukan hanya sekedar menunjukan kecepatan atau yang lainnya," kata Division Head Network Optimization Indosat, Joko Riswadi, sembari menjelasakn mengenai hasil uji jaringan Indosat di Tegal, Selasa (16/6/2015).

Kualitas suara di jaringan Indosat, papar Joko, juga dilakukan melalui pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score), hasilnya 91,2 persen area yang diukur, pada tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5) dan 8,8 persen area lainnya menunjukkan hasil baik.

Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri, lanjut Joko, adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan kualitas suara layanan Indosat berada pada tingkat superior (terbaik) dibandingkan dengan yang lain.

Sementara itu, khusus untuk menghadapi masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi selama Ramadan dan mudik Lebaran, kapasitas jaringan Indosat ditingkatkan antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang per hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,28 Miliar SMS per hari.

Sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas data menjadi 2.081 terabyte per hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 66,5 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan total BTS 40.756 secara nasional.

"Kesiapan jaringan Indosat menghadapi situasi apapun, termasuk masa Ramadan dan mudik Lebaran, sebenarnya sudah kami lakukan sebagai bagian dari peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan untuk kebutuhan setiap tahunnya,” ujar Division Head Public Relations Indosat Adrian Prasanto.

Hanya saja, lanjut Prasanto, untuk tahun ini, kami lakukan sebagai bagian dari kegiatan Modernisasi jaringan yang dilakukan Indosat, tidak hanya di kota tetapi semua jalur mudik nasional.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini