Share

SpaceX Angkut Kamera Pemantau Hujan Meteor

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 28 Juni 2015 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 28 56 1172645 spacex-angkut-kamera-pemantau-hujan-meteor-micUQKICfi.jpg Penampakan jatuhnya meteor ke Bumi yang ditangkap dari ISS (Foto: Engadget)

CALIFORNIA - SpaceX, perusahaan antariksa dan produsen roket asal Amerika Serikat akan meluncurkan roket Falcon 9 pada 28 Juni 2015. Perusahaan meluncurkan roket tersebut yang membawa persediaan untuk awak Stasiun Luar Angkasa (ISS).

Dilansir Engadget, Minggu (28/6/2015), Falcon 9 akan membawa Dragon atau kargo yang memuat barang-barang keperluan untuk astronot di ISS dan juga mengangkut kamera khusus. Kamera ini akan bekerja untuk memantau meteor hujan meteor dari dalam ISS.

Kamera tersebut ditempatkan pada Window Observational Research Facility (WORF) dan diprogram untuk dapat merekam fenomena hujan meteor pada dua tahun mendatang. Akan tetapi, alat ini juga bisa mendeteksi bila terjadi hujan meteor secara tiba-tiba.

Astronot perlu untuk menanggalkan pelindung jendela atau menutupnya kembali secara manual. Pekerjaan tersebut tampaknya harus dilakukan dengan cepat agar momen mengabadikan hujan meteor tidak terlewatkan.

Para awak di ISS berharap sistem kamera sudah dapat bekerja atau berjalan pada Agustus 2015. Umumnya, pertengahan tahun atau Agustus merupakan waktu di mana hujan meteor Perseid muncul.

Ilmuwan juga berharap kamera ini membantu memberikan wawasan baru mengenai dampak meteor terhadap Bumi. Selain itu, ilmuwan ingin mendapatkan pengetahuan terkait bagaimana melindungi pesawat luar angkasa agar tidak tertabrak oleh puing-puing di luar angkasa.

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini