Galaxy Tab A, Tablet Murah Samsung Dilengkapi S-Pen

Lanjar Wiratri, Jurnalis · Senin 29 Juni 2015 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 29 92 1172961 galaxy-tab-a-tablet-murah-samsung-dilengkapi-s-pen-F1TdipUhf1.JPG Galaxy Tab A, Tablet Murah Samsung Dilengkapi S-Pen (Foto: Feri Usmawan/Okezone)

JAKARTA - Samsung Galaxy Tab A menjalankan sistem operasi Google versi terbaru, yakni Android Lollipop 5.0. Tab A didukung fitur antarmuka TouchWiz yang terlihat simple dan user-friendly ala Samsung. Dibanderol dengan harga USD229 atau sekira Rp 3 jutaan.

Dengan harga terjangkau, Galaxy Tab A hadir sebagai tablet berkualitas standar. Hal tersebut terlihat dari penggunaan plastik pada Samsung Tab A. Material plastik membuat Galaxy Tab A terlihat tipis, meskipun demikian, tablet tersebut masih nyaman, ringan, dan pas dalam ukuran.

Melihat kecenderungan Samsung yang membanderol tablet mereka dengan harga yang cukup tinggi, harga terjangkau untuk Galaxy Tab A adalah sesuatu yang menggembirakan. Samsung Galaxy Tab adalah sebuah tablet dengan harga terjangkau yang solid dan unggul, serta cukup ramah kantong.

Desain

Samsung Galaxy Tab A hadir dengan desain ramping, ringan, serta cukup nyaman untuk digenggam. Bagian panel belakang Galaxy Tab A terasa halus dan nyaman untuk digenggam dengan menggunakan ujung jari Anda. Selain itu, bagian ujung-ujung tablet yang bulat membuatnya mudah untuk dipegang. Galaxy Tab hadir dengan ketebalan 7.4mm dan bobot 0,69 pon atau 33 gram.

Di tepi kanan atas Galaxy Tab A, pengguna akan menemukan tombol power dan volume, serta slot kartu microSD di bawahnya, sedangkan tepi bawah terdapat port Micro-USB, headphone jack dan speaker tunggal.

Fitur

Galaxy Tab A Muncul penuh dengan aplikasi Microsoft Office, termasuk Word, Excel dan Powerpoint. Aplikasi bawaan besutan Microsoft ini cukup berguna, terutama untuk pelajar, mahasiswa, dan pekerja yang kerap kali mengetik secara portabel di tablet. Namun, tanpa keyboard software Office di Galaxy Tab A tidak terlalu nyaman untuk digunakan.

Galaxy Tab A 8.0 juga dilengkapi fungsi multi-window. Untuk tablet hal itu cukup berguna karena tablet mampu dan menjalankan dua aplikasi sekaligus. Pengguna Galaxy Tab A pun mampu memanfaatkan fungsi multitasking untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus, seperti membuka Google Play Store, Gmail dan Chrome.

Hardware

Samsung Galaxy Tab A menggunakan chipset quad-core Qualcomm Snapdragon berkecepatan 1.2GHz yang disandingkan dengan RAM 1.5GB, dan 16GB penyimpanan internal, dengan slot kartu microSD yang dapat diupgrade hingga 128GB.

Performa

Samsung Galaxy Tab A tidak menunjukkan peforma yang luar biasa, namun untuk menjalankan beberapa tugas atau kegiatan, tablet cenderung berjalan tanpa hambatan. Memeriksa email, browsing di website, streaming video, dan bermain game mobile yang sederhana berjalan lancar di Galaxy Tab A.

Game besar yang didownload seperti game horror berjudul Forest dan game Angry Birds Go cukup lancar saat dimainkan di tablet Galaxy A. Saat download aplikasi atau update, kinerja tablet akan melambat dan lag dapat terjadi.

Galaxy Tab A 8.0 memiliki fitur layar resolusi 1.024x768 piksel dengan rasio aspek 4: 3. Meski tampilan video kualitas HD masih terlihat tajam dan jernih. Namun, bar hitam tebal di atas dan di bawah video terlihat, hal itu karena video tidak mengisi layar secara penuh.

Selain itu, speaker Samsung Galaxy Tab A memberikan kualitas audio yang cukup bagus. Namun, karena terletak di bagian tepi bawah, speaker mudah ter-blok atau tak sengaja tertutup.

Kamera

Standar sepasang kamera pada Galaxy Tab A cukup layak untuk tablet. Kamera utama Galaxy Tab ialah 5 MP dan kamera depan 2 MP. Kedua kamera menghasilkan gambar yang cukup jelas, auto fokus foto juga terdapat dalam fitur kamera Tab A. Namun, tak adanya kamera flash di kamera belakang membuat hasil gambar yang diambil di malam hari atau dalam ruangan menjadi gelap.

Samsung mengklaim baterai Galaxy Tab A dapat bertahan selama 13 jam, dan berdasarkan pengalaman Okezone menggunakan tablet tersebut cukup mempercayainya. Saat baterai dalam keadaan penuh dan dalam kondisi stand by serta tak digunakan untuk aktivitas berat Tab A mampu bertahan selama dua hari. Setelah satu uji coba Tab A mendapat 11,1 jam.

Foto yang telah diambil dapat pula diedit menggunakan stylus atau S-Pen. Dengan stylus, pengguna bisa menggambar apapun di foto tersebut, memberika efek, dan lain sebagainya.

Kelebihan

Samsung Galaxy Tab A terjangkau dan menawarkan banyak aplikasi premium tunjangan gratis. Slot microSD yang dapat menampung kartu hingga 128GB.

Didukung konektivitas 4G LTE

Didukung OS Android Lollipop 5.0

Mendukung konektivitas 4G LTE

Kekurangan

Material plastik yang terkesan membuat tablet ringkih,

Speaker tunggal menyediakan audio yang lemah.

Tak ada lampu flash untuk kamera belakang.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini