Share

Lewati Sumatera, Benda Angkasa Lintasi Langit Indonesia Lagi

Advent Jose, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2015 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 01 56 1174611 lewati-sumatera-benda-angkasa-lintasi-langit-indonesia-lagi-IfOrV9Hnou.jpg (foto : Screenshot situs resmi Lapan)

JAKARTA - Laman situs Real Time Space Debris Surveillance milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), yang memantau mengenai keberadaan benda langit yang jatuh ke Bumi secara real time, menginformasikan beberapa menit yang lalu ada benda antariksa yang melintasi langit Indonesia.

Berdasarkan pantauan Okezone, Rabu (1/7/2015), melalui situs resmi Lapan, benda tersebut bernama ARIANE 5 DEB (SYLDA) diketahui baru saja melintasi langit Indonesia, tepatnya di atas kepulauan Sumatera Selatan pada ketinggian 5628.40.

Benda antariksa tersebut memiliki nomor katalog berdasarkan katalog Space-track (catnum) yakni 37812. Benda yang juga diduga adalah sebuah satelit yang dimiliki oleh Perancis itu diperkirakan akan jatuh pada 1 Oktober mendatang.

Ini berarti sudah ada dua benda antariksa yang lalu-lalang di atas langit Indonesia dalam waktu dua jam terakhir.

Sebelumnya diketahui, situs Lapan juga memantau keberadaan benda langit yang diduga satelit milik Amerika bernama POPACS DEB (SPACER) terbang melintasi langit Indonesia pada satu jam lalu. Sementara itu, ketinggiannya saat melintasi langit Indonesia sekira 104.09 km.

Follow Berita Okezone di Google News

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini