Makassar Kota Pertama Cicipi 4G LTE 1.800 MHz Telkomsel

Amril Amarullah, Jurnalis · Senin 06 Juli 2015 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 06 54 1177198 makassar-kota-pertama-cicipi-4g-lte-1-800-mhz-telkomsel-lbmKX4ob6f.jpg Telkomsel resmi menggelar jaringan 4G LTE di Makassar (foto: Telkomsel)

JAKARTA – Telkomsel meresmikan beroperasinya layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersial di kota Makassar, Senin (6/72015). Beroperasinya layanan Telkomsel 4G LTE di Makassar akan meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menikmati mobile broadband dan layanan digital lifestyle.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, pemilihan Makassar sebagai kota pertama digelarnya layanan Tekomsel 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersial, merupakan bentuk komitmen kuat kami di dalam membangun Indonesia Timur melalui teknologi terkini.

“Hadirnya layanan ini diharapkan dapat menambah kenyamanan pelanggan di Makassar, dalam menikmati mobile broadband dan berbagai layanan digital lifestyle,” kata Ririek dalam keterangannya kepada Okezone, hari ini.

Ririek menjelaskan bahwa layanan Telkomsel 4G LTE yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi secara lebih cepat dan efisien diharapkan juga akan dapat mempercepat terwujudnya Generasi Digital Indonesia di bagian Timur Indonesia, khususnya di Makassar dan sekaligus mendukung ‘Makassar Sombere dan Smart City’ seperti yang dicanangkan pemerintah kota.

Salah satu wujud dari Makassar Sombere dan Smart City adalah layanan kesehatan online ‘Home Care’ yang akan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Layanan ini dilengkapi dengan berbagai peralatan medis yang dibutuhkan seperti tabung oksigen, alat infus serta peralatan rekam medis untuk memantau kondisi pasien yang terhubung ke dokter ahli secara jarak jauh.

Dengan beroperasinya layanan Telkomsel 4G LTE di kota Makassar, hal ini diharapkan akan dapat menunjang layanan ‘Home Care’ dimana dengan kecepatan data yang dimiliki oleh teknologi 4G LTE maka monitoring pasien secara jarak jauh dimungkinkan berjalan secara real time.

Makassar sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia Timur, saat ini pun terus mengalami pertumbuhan pesat pada layanan data, dimana hal ini dapat terlihat dari peningkatan konsumsi penggunaan layanan data selama semester I 2015, yakni sebesar 166 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Dalam beberapa tahun terakhir kami melihat adanya tren peningkatan konsumsi data kebutuhan akan akses data yang lebih cepat di Makassar, dan untuk itu kami menjawabnya dengan layanan 4G LTE yang dapat diandalkan,” jelas Ririek.

1000 BTS

Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan di Makassar di dalam menikmati jaringan 4G, Telkomsel membangun 150 eNode B yang mencakup lokasi-lokasi strategis termasuk Bandara, Universitas, Mall, Pantai Losari, dan Pusat keramaian lainnya.

Secara nasional Telkomsel memiliki lebih dari 1000 BTS yang tersebar di Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar dengan sekitar 700.000 pelanggan 4G.

“Ketika menggelar layanan 4G LTE di kota baru, kami ingin memastikan pemerataan jaringan, sehingga layanan kami dapat mencakup sebagian besar wilayah kota tersebut dan bukan hanya di titik-titik tertentu saja. Selain itu, ketersediaan perangkat dan aplikasi yang sesuai juga berperan penting dalam membangun ekosistem 4G di wilayah baru,” jelas Ririek.

Selain itu penyelenggaraan jaringan 4G Telkomsel juga diikuti dengan peningkatan kualitas jaringan layanan 3G melalui program TrueBEx (True Broadband Experience), dimana tujuannya adalah meningkatkan kualitas layanan mobile broadband ke pelanggan pada semua jaringan baik 4G maupun 3G.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini