nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5G Akan Terwujud Dalam 5 Tahun ke Depan

Advent Jose, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2015 08:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 07 14 54 1181395 5g-akan-terwujud-dalam-5-tahun-ke-depan-CIqvjpBZ0k.jpg Ilustrasi (foto : devbattles)

TOKYO - Standar telekomunikasi generasi kelima, atau yang akrab disapa 5G, diperkirakan akan segera terwujud dalam lima tahun ke depan. Itu karena dunia semakin menuju era konektivitas yang ditandai dengan seluruh perangkat yang terhubung ke internet (Internet of Things).

“5G adalah suatu hal yang penting bagi masyarakat dunia pada 2020. Ini adalah platform yang mampu meng-cover banyak aplikasi, tidak hanya ponsel semata,” ucap chairman of the EBC Telecommunications Equipment Committee, Yoshio Honda, seperti dikutip EURObiz, Rabu (22/7/2015).

Dia juga mengatakan, dalam lima tahun ke depan, 5G diharapkan dapat segera lepas landas (digunakan). Sebab itu akan menjadi standar nirkabel yang mendukung dunia baru yang lebih terhubung.

Insinyur asal Jepang itu pun mengatakan, saat ini 5G sedang dalam tahap perencanaan. Memang, lanjutnya, masih banyak ilmuwan mempertanyakan seperti apa bentuk dan peran teknologi 5G di masa depan. Tetapi dirinya menyakini 5G akan sangat berguna di masa depan.

“Setiap orang kerap mencari tahu apa itu 5G, seperti apa syarat untuk menerapakannya, serta apa yang dapat dilakukannya,” kata Honda.

Dilanjutkan Honda, ke depan seseorang tidak akan mengetahui seperti apa aplikasi yang akan mereka gunakan apakah membutuhkan dukungan jaringan berkecepatan tinggi atau tidak. Namun yang jelas banyak yang bisa didukung oleh platform 5G.

Bicara soal 5G, kata Honda, sebenarnya tidak hanya berkutat pada soal kecepatan semata, tetapi juga lebih kepada menyusun standar yang lebih baik agar berbagai perangkat dapat dihubungkan. Selain itu juga penting untuk memastikan keandalannya, seperti sistem lalu lintas data, memperpanjang masa pakai baterai, dan menginstal infrastruktur yang lebih luas.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini