NASA Temukan Dunia Baru untuk Dihuni Manusia?

Lanjar Wiratri, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2015 14:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 07 24 56 1184834 nasa-temukan-dunia-baru-untuk-dihuni-manusia-UJaybMMGAY.jpg NASA Temukan Dunia Baru untuk Dihuni Manusia (Foto: The Telegraph)

CALIFORNIA – Lembaga Antariksa Amerika Serikat, NASA, diketahui tengah melakukan misi pencarian planet layak huni baru selain Bumi di galaksi Bima Sakti. NASA pun mengumumkan hasil penemuan terbaru dari misi tersebut kepada publik.

Sebagaimana dilaporkan The Telegraph, Jumat (24/7/2015), misi yang dilakukan dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Kepler itu telah melakukan pencarian dunia baru di luar wilayah orbit Matahari atau Solar System sejak 2009. Selama hampir enam tahun berkelana, Kepler telah menemukan tak kurang dari 4.000 planet baru yang diduga dapat dihuni manusia yang diberi nama ‘Goldilocks Zone’.

Planet-planet baru yang disebut dengan ‘Goldilocks Zone’ itu memiliki suhu yang tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin, sehingga cocok untuk mahluk hidup. Para ilmuwan NASA mengumumkan hasil kerja mereka tersebut setelah benar-benar menemukan sebuah planet yang potensial seperti Bumi dan mengorbit sebuah bintang yang mirip Matahari.

Penemuan tersebut juga memberikan harapan baru jika peradaban alien mungkin terdapat di luar Tata Surya. Sebelumnya pada awal pekan ini, Stephen Hawking dan himpunan Astronomer Royal Lord Martin Rees, mengumumkan jika mereka akan bergabung untuk melakukan proyek pencarian kehidupan alien di galaksi Bima Sakti.

Misi pencarian dunia baru NASA tersebut saat ini tengah difokuskan untuk menemukan planet dengan kondisi alam yang tak jauh berbeda dengan Bumi. Pesawat ruang angkasa Kepler akan mencari sebuah planet berbatu dengan ukuran setengah atau dua kali permukaan Bumi, sehingga air tetap bisa eksis di sana.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini