Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Tiga Proyek Besar dari BATAN

Rabu 19 Agustus 2015 19:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 08 19 56 1199073 ini-tiga-proyek-besar-dari-batan-qpMpJJ2BqT.jpg Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)

JAKARTA - Perhelatan besar nasional dalam bidang energi baru terbarukan dan konservasi energi, EBTKE ConEx, telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, (19/8/2015).

Sesuai namanya, The 4th Indonesia EBTKE ConEx 2015, perhelatan yang sudah berlangsung untuk ke 4 kalinya ini seyogyanya dimaksudkan sebagai ajang saling berinovasi menciptakan energi alternatif ditengah cadangan energi fosil di Indonesia semakin menipis.

Untuk itu, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) juga turut hadir dalam ajang EBKTE ConEx 2015 dengan membuka booth di Plenary Hall, M 25, Jakarta Convention Center.

“Ini wujud nyata BATAN dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang manfaat energi nuklir untuk masa depan Indonesia dalam hal kebutuhan energi,” kata Heru Santosa, Kepala bidang Diseminasi dan Kemitraan BATAN kepada Okezone.

Heru menambahkan, bawa saat ini BATAN dipercaya pemerintah untuk mengerjakan 3 proyek besar dalam hal energi nuklir.

Yang pertama, BATAN tengah menggodok pengembangan infrastruktur Reaktor Daya Eksperimental (RDE) untuk pembangkit daya listrik tenaga nuklir. Karena sifatnya yang eksperimental, maka pengoperasian reaktor nuklir tersebut lebih banyak untuk tujuan percobaan dalam meningkatkan penguasaan teknologi. Hal tersebut dianggap penting untuk Indonesia kedepannya yang kenyataannya masih kekurangan listrik.

Proyek ke dua adalah Iridiator gamma multiguna yang berfungsi mengawetkan makanan atau hasil tanaman seperti kentang, rempah-rempah dll. Dan yang ketiga adalah pengembangan Logam Tanah Jarang (LTJ), yang nilai tambahnya adalah sebagai bahan semi konduktor. Sebuah mineral masa depan yang kini keberadaannya diburu banyak pihak di dunia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini