Website Senilai Rp140 Miliar Harus Ditelusuri

Dini Listiyani, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2015, 17:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 08 26 207 1203001 website-senilai-rp140-miliar-harus-ditelusuri-tEVgjBg669.jpg Website Revolusimental (Foto: Revolusimental)

JAKARTAWebsite www.revolusimental.go.id yang diluncurkan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) ini menjadi buah bibir di dunia maya. Hal itu dikarenakan harga pembuatan website yang terlampau mahal yakni Rp140 miliar. Angka yang sangat fantastis.

“Harga Rp140 miliar untuk desain sebuah website itu mahal bahkan tidak masuk logika. Akan tetapi terkadang dalam pembuatan website itu di dalamnya ada penyediaan infrastuktur, perangkat, dan segala macam, jadi harus diinvestigasi, apakah murni pembuatan website atau pembuatan website plus-plus,” kata Heru Sutadi, pengamat Telekomunikasi Indonesia saat dihubungi Okezone, Rabu (26/8/2015).

Banyak pihak yang mempertanyakan harga pembuatan website tersebut. Bahkan dalam berita sebelumnya anggota Komisi I DPR Elnino M. Husein Mohi juga merasa kaget akan dana yang digelontorkan pemerintah tersebut.

Kendati demikian, harga tersebut bisa masuk akal jika adanya pembangunan infrastruktur. Heru juga menjelaskan yang dimaksud dengan pembangunan infrastruktur itu artinya dia menyediakan fiber optic yang bisa menghubungkan seluruh provinsi atau seluruh kementerian, atau pembelian server berkapasitas besar.

“Namun, itu semua juga masih bisa dilihat harga satu per satunya, seperti berapa harga pemeliharaan server, atau lain-lainnya,”tambah Heru.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini