Cara Murah Bikin Proyektor dengan Alat Rumah Tangga

Dini Listiyani, Jurnalis · Sabtu 12 September 2015 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 11 57 1212671 cara-murah-bikin-proyektor-dengan-alat-rumah-tangga-mb2dJWk5qh.jpg Proyektor (Foto: YouTube)

FLORIDA – Menginginkan teknologi canggih tidak melulu harus membelinya dengan harga selangit. Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu jeli memanfaatkan barang-barang di sekitar, yang mungkin bisa dijadikan alternatif membuat perangkat yang diinginkan dengan biaya murah.

Contohnya, proyektor, untuk memiliki perangkat ini tidak perlu merogoh kocek dalamnya, Anda hanya perlu menggunakan beberapa benda yang bersinggungan dengan Anda sehari-hari, misalnya smartphone yang dimiliki. Dengan memanfaatkan smartphone, proyektor sederhana dan murah bisa didapatkan.

Bagaimana caranya? Mudah saja, hanya memanfaatkan box bekas sepatu, smartphone, kaca pembesar atau lup berukuran besar, foam board, plester, cater, lem tembak, dan penggaris. Setelah semua peralatan tersebut siap, saatnya mengeksekusinya.

Dari video yang diunggah TechBuilder di YouTube, Sabtu (12/9/2015), langkah pertama yang dilakukan adalah memotong gagang kaca pembesar, sehingga hanya mendapatkan bentuk bulat kaca pembesar. Setelah selesai, kini giliran mengeksekusi box sepatu, pertama rapikan bagian pinggir dalam box dengan lem agar rapih, lalu ambil kaca pembesar yang sudah di potong, dan buat menjadi pola di samping box sepatu, dan jangan lupa penutupnya juga dibuat pola.

Buat pola pada kardus dan kemudian potong pola tersebut, sehingga bagian pinggir box memiliki lubang bulat. Kemudian, masukan kaca pembesar ke kardus berlubang, dan rekatkan menggunakan lem tembak, lalu diamkan.

Selanjutnya, buat stand untuk ponsel. Ukur foam board sesuai dengan ukuran kardus, buat foam board membentuk huruf “T”, dan selanjutnya diletakkan secara terbalik. Setelah selesai, rekatkan ponsel di stand yang sudah dibuat.

Langkah terakhir membuat proyektor sederhana dan murah ialah fokus proyektor. Agar mendapatkan fokusnya, Anda hanya perlu memaju mundurkan stand smartphone, dan setelah itu smartphone proyekto ini selesai, dan bisa digunakan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini