Baterai iPhone 6S Dilaporkan Bermasalah

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2015 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 09 57 1229339 baterai-iphone-6s-dilaporkan-bermasalah-KNjGUNDpnw.jpg (Foto: Express)

CALIFORNIA - Baterai iPhone 6S dilaporkan bermasalah. Beberapa pengguna menemukan bahwa baterai handset tersebut cepat terkuras.

Dilansir Express, Jumat (9/10/2015), Apple menggunakan dua pemasok yang berbeda untuk menciptakan chip baru A9 yang didesain untuk iPhone terbaru. Seperti diketahui, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus yang diluncurkan bulan lalu mendukung teknologi 3D Touch serta kamera 4K.

Perusahaan asal Cupertino itu menggunakan dua manufaktur chip A9 untuk mencegah terjadinya kelangkaan komponen hardware. Salah satu dari dua chip dibuat oleh Samsung dan satu lagi oleh perusahaan TSMC.

Salah satu dari keduanya dilaporkan membuat iPhone 6S menjadi lebih cepat boros atau memiliki daya tahan baterai yang lemah. Menurut postingan dari forum asal China dan situs Reddit, smartphone Apple yang berjalan dengan chip buatan TSMC dapat hidup lebih lama hingga dua jam (tambahan waktu).

Sementara itu, chip buatan Samsung dapat mengonsumsi baterai hampir 20 persen lebih cepat dibandingkan TSMC. Laporan menyebutkan, chip TSMC menunjukkan performa dengan suhu lebih dingin dibandingkan Samsung dalam sejumlah pengujian online.

Apple mengklaim iPhone 6S memiliki kemampuan 14 jam jam talk time pada jaringan 3G. Sementara iPhone 6S Plus dapat bertahan hingga 24 jam. Beberapa pengguna iPhone 6S mengungkapkan bahwa chip yang diproduksi Samsung, meski memiliki baterai yang cepat boros, namun memiliki performa lebih cepat.

Pengguna yang ingin mengetahui apakah iPhone 6S mereka didukung oleh chip buatan Samsung atau TSMC, mereka dapat memeriksanya melalui aplikasi. Aplikasi Lirum Device Info Lite tersedia melalui App Store dan pengguna dapat melihat nomor model ponsel melalui aplikasi tersebut.

Bila iPhone 6S atau iPhone 6S Plus memiliki nomor model N66AP dan N71AP, menandakan bahwa perangkat tersebut berjalan dengan chip buatan Samsung. Sedangkan kode N66MAP atau N71MAP, menunjukkan bahwa chip itu diproduksi oleh TSMC.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini