Apa Kabar Axis?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2015 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 20 54 1235121 apa-kabar-axis-M2XuDkYEAH.jpg Ilustrasi XL-Axis

JAKARTA - PT XL Axiata (XL) telah mengakusisi operator telekomunikasi Axis pada Maret 2014. XL kini memposisikan Axis sebagai operator telekomunikasi yang menyasar segmentasi pengguna pemula.

"XL ingin menghadirkan layanan untuk semua lapisan masyarakat," ujar Mediko Azwar Senior VP Brand Management XL di Jakarta, Selasa (20/10/2015). Ia mengatakan, XL diposisikan sebagai operator untuk pengguna dari kalangan menengah hingga kalangan atas, di mana pengguna sudah dianggap 'advance' atau pemakai layanan data yang besar.

Sementara Axis, dari sisi fitur produk menawarkan paket data dengan kuota hemat dengan masa aktif lebih panjang. Brand positioning Axis juga disebut "Iritology", di mana pengguna dianggap masih menggunakan data dengan kuota yang lebih rendah.

Untuk itu, hanya brand XL yang menawarkan layanan 4G LTE kepada penggunanya. Sementara pengguna Axis saat ini belum akan dapat menikmati layanan internet berkecepatan tinggi atau 4G LTE. Meski sama-sama mencakup pengguna nasional, Axis di-support dengan distribusi melalui traditional channel.

Target Perluas Wilayah 4G LTE

Dian Siswarini, CEO XL mengatakan, saat ini pengguna 4G LTE operator XL mencapai 6 hingga 7 persen dari total pelanggan XL. Ia juga menyampaikan dari kuartal tiga (Q3) 2014 hingga 2015 di kuartal yang sama, terdapat penurunan jumlah pelanggan, namun perusahaan operator warna biru ini belum mengetahui berapa besarnya penurunan tersebut.

Uniknya, penurunan pelanggan dari 58.259.00058.259.000 (Q3 2014) itu malah membuat pemasukan XL bertambah. Hal ini disinyalir karena pengguna sudah memaksimalkan penggunaan data, sehingga layanan data tetap memberi porsi yang besar bagi pendapatan perusahaan dibanding voice maupun SMS.

Setelah merilis 4G LTE di Lombok, Surabaya, dan Denpasar, perusahaan akan melakukan ekspansi 4G LTE pada awal November ke Bandung, kemudian Jakarta. XL di tahun depan juga akan menyasar kota lainnya di Indonesia.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini