Cegah Penipuan, Ini yang Ditawarkan Tokopedia

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2015 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 26 207 1238495 cegah-penipuan-ini-yang-ditawarkan-tokopedia-qgVQ9SvlkX.jpg Ilustrasi (Foto: Varnish-software)

JAKARTA - Tokopedia menawarkan layanan marketplace, di mana penjual dapat memasang produk dagangan mereka di platform online, yang dapat diakses melalui website maupun aplikasi mobile. Untuk meminimalisir terjadinya penipuan atau kejahatan, pada saat registrasi, Tokopedia memiliki sistem validasi untuk mengidentifikasi pihak penjual.

Tidak hanya itu, Tokopedia juga menawarkan 'Lucky Deal' yang dapat menandakan kredibilitas penjual karena keaktifan dalam mengelola marketplace miliknya. Marketplace Tokopedia juga memiliki peraturan terkait barang dagangan yang boleh diperjualbelikan.

Barang-barang yang dilarang untuk tampil seperti narkotika, media seperti CD/DVD/VCD yang bertentangan dengan hak cipta dan lain-lain. Ada satu fitur lagi yang dimiliki Tokopedia, agar pengguna tidak ragu-ragu saat berbelanja secara online, yakni sistem saldo yang memungkinkan pembeli memiliki deposit sejumlah uang.

Apabila pembeli telah mentransferkan sejumlah uang untuk membayar produk yang dijual oleh merchant, kemudian produknya di-cancel sepihak oleh penjual atau transaksi gagal, maka uang tersebut akan tersimpan dalam akun saldo pembeli.

Dengan demikian, saldo tersebut dapat digunakan lagi untuk membeli produk lain atau dikembalikan ke rekening oleh pembeli. Igor Irendy, Internet Marketing Specialist Tokopedia kepada Okezone, Senin (26/10/2015), saldo tersebut memang memancing orang untuk membeli produk e-commerce lainnya. "(Saldo) itu membuat orang untuk berbelanja atau uang itu bisa ditarik lagi," kata Igor.

Tokopedia yang dibangun sejak 2009, saat ini memiliki 400 ribu merchant aktif. Beberapa produk terpopuler di Tokopedia yakni fashion atau aksesoris untuk perempuan serta gadget seperti smartphone atau tablet.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini